Jakarta, Aktual.co — Meski Presiden Joko Widodo tak melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam menseleksi Jaksa Agung. Namun, lembaga tersebut siap bekerja sama dengan Presiden Jokowi dalam pemilihan Jaksa Agung yang baru.
Wakil Ketua KPK Zulkarnain mengatakan, pihaknya siap untuk bekerja sama dalam proses pemilihan Jaksa Agung. Terlebih lagi, sejak tahun 2012 lalu KPK sudah membuat nota kesepahaman dengan lembaga Kejaksaan Agung dan Kepresidenan terkait proses seleksi Jaksa Agung.
“Ya tentu kita siap untuk bekerja sama dengan Presiden. Lagipula memang sudah ada nota kesepahaman antara kami dengan Kejaksaan dan Presiden,” kata Zulkarnain ketika dihubungi, Rabu (5/11).
Menurut dia, nota kesepahaman yang ada tinggal diteruskan dan ditingkatkan pelaksanaannya untuk mendapatkan Jaksa Agung yang bisa memberikan warna baru di lembaga tersebut.
Zulkarnain berpendapat, Jaksa Agung baru nanti cakap dalam bidang hukum. Dimana orang tersebut memahami dan menguasai betul aspek-aspek hukum baik itu pidana maupun perdata.
“Tentu kita berharap Jaksa Agung terpilih nantinya juga mengetahui dan memahami isu-isu hukum yang berkembang dan tengah berlangsung saat ini,” kata dia.

(Nebby)