Jakarta, Aktual.com – Kerajaan Arab Saudi mengatakan kesediannya untuk memberikan bantuan pendanaan pembangunan masjid pertama di negara Kuba.

Pernyataan tersebut disampaikan Duta Besar Kuba untuk Arab Saudi Vladimir Gonzalez dalam sebuah wawancara yang disiarkan oleh TV pemerintah Saudi.

“Berkat sumbangan dari pihak Saudi, hari ini kami dapat mengatakan bahwa kami sedang membangun di masjid pertama di negara kami,” kata Gonzalez, seperti dikutip dari The National, Selasa (20/9).

“Kami memiliki komunitas Muslim kecil di negara kami; mereka sangat terorganisir. Saya merasa terhormat untuk memfasilitasi kehidupan mereka sebagai orang Muslim di Kuba,” ujarnya.

Hubungan diplomatik negara komunis Kuba dan Arab Saudi dimulai pada tahun 1956. Gonzales mengatakan, Arab Saudi adalah negara Arab pertama yang menjalin hubungan diplomatik dengan Kuba.

Hingga saat ini, Muslim Kuba masih termasuk komunitas kecil. Mereka beribadah di rumah atau di tempat-tempat shalat darurat.

Ia mengatakan, sumbangan dari Saudi menjadi kontribusi yang luar biasa. Dana Pembangunan Saudi telah mengizinkan pendirian proyek ini yang ke depannya akan menguntungkan kedua negara, menurut Gonzalez.

(Warto'i)