Jakarta, Aktual.co — Presiden ke V RI, Megawati Soekarnoputri bersama istri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Mufidah Kalla berserta Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara  peresmian renovasi gedung utama Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) di Jalan Hang Lekir III nomor 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Dari pantauan media di lapangan sebelum acara dimulai, terlihat ketua umum PDIP datang lebih awal, dengan menumpang sedan Lexus bernomor polisi B 1 PDI pada pukul 08.55 WIB. Mega yang tampak mengenakan batik berwarna ‎biru itu langsung disambut oleh Purnamawati Muki Reksoprojo dan Menteri Sosial Khofiffah.
Tak lama berselang Megawati datang, giliran Mufidah Kalla dan istri (plt) Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan yang datang dalam selang waktu yang tidak terlalu lalu lama. Dengan mengenakan busana berwarna kehijauan Vero dan Mufidah terlihat nampak kompak.
Dalam sambutannya, Megawati mengaku saat dirinya masih remaja, ia pernah diajak oleh ayahnya Bung Karno menghadiri peresmian salah satu bangunan yayasan. 
“‎Saya ingin ucapkan terimakasih, tadi lihat riwayat YPAC, semua saya kenal. Saya 13 tahun di bawa ayah saya (Bung Karno), karena beliau naruh perhatian penuh, bukan hanya politik, disemua lini kehidupan kebangsaan kita,” kata Mega dalam pidato sambutannya, Rabu (5/11). 
“Pasti disini,tdak ada yg tau jika dirinnya pernah menjadi sukarelawan selama 1 tahun untuk mengamati prilaku orang tua penyandang anak berkebutuhan khusus,” tambah dia.
YPAC sendiri merupakan lembaga sosial yang mempunyai misi untuk melayani dan membatu banyak anak-anak berkebutuhan khusus. Yayasan tersebut didirikan pada tahun 1953 di kota Solo oleh seorang dokter bedah tulang bernama Prof. Soeharso. 
Setahun kemudian pengembangan yayasan tersebut dilanjutkan oleh istri mantan gubernu DKI Jakarta Armistiani Soemarni Sosroatmodjo dengan mendirikan perwakilan yayasan tersebut di Jakarta.

(Novrizal Sikumbang)

()