Jakarta, Aktual.com — Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, berencana untuk membangun Jalan Lingkar Barat (JLB) pada November tahun 2015 sebagai salah satu cara untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Sidoarjo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sigit Setyawan mengatakan pembangunan jalan lingkar barat ini rencananya dimulai pada November tahun 2015.

“Sesuai rencana pada awal November tahun 2015 akan dilakukan pengurugan badan jalan untuk lokasi yang ada di desa Sumokali,” kata dia di Sidoarjo, Minggu (25/10).

Ia mengemukakan untuk pembangunan jalan lingkar barat ini rencananya melibatkan dua desa yakni di Desa Sumokali dan juga di Desa Sugihwaras, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

“Di dua desa ini sudah dilakukan pembebasan lahan dan sesuai jadwal pengurugan lahan untuk jalan akan dimulai pada November nanti,” katanya.

Untuk Desa Sugihwaras, kata dia, batas akhir pembongkaran bangunan dilakukan maksimal pada akhir Desember tahun 2015.

“Jalan lingkar barat yang ada di dua desa itu sendiri memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer dan membelah dua desa yakni di Desa Sugihwaras dan juga Desa Sumokali,” katanya.

Jalan langkar barat sendiri saat ini memiliki total panjang sekitar lima kilometer yang dimulai dari Perumahan Pondok Jati – GOR Sidoarjo – Taman Pinang dan juga di Desa Sumokali.

(Ant)

(Nebby)