Jakarta, Aktual.com – Kepolisian memperketat akses menuju kawasan Istana, Jakarta, Jumat (23/9), siang ini. Hal itu dilakukan sebagai bagian mengamankan aksi penyampaian pendapat dilakukan mahasiswa menyikapi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dari sisi Patung Kuda, kawat berduri dan pagar beton telah dipasang. Beberapa mobil Polisi untuk mengamankan aksi seperti watercanon juga bersiaga di sekitarnya.

Sementara itu, arus lalu lintas (lalin) di patung kuda menuju istana sudah ditutup saat ini. Para pengguna jalan diimbau mencari jalur alternatif untuk menghindari aksi.

“Dit Lantas Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus lalu lintas dalam rangka kegiatan penyampaian pendapat. Pengalihan dilakukan di seputaran Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat,” tulis akun Instagram TMC Polda Metro Jaya @tmcpoldametro, seperti dilihat, Jumat (23/9).

Berikut rekayasa arus lalu lintas di sekitar Istana Negara:

• Arus lalu lintas (lalin) dari arah bundaran Hotel Indonesia menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.

• Arus lalin dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional).

• Arus lalin dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

• Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

(Warto'i)