Pelalawan, Aktual.com – Dalam rangka meningkatkan minat membaca para generasi muda yang ada di kampung simpang perak jaya Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak. Para tim mahasiswa Kukerta balek kampung UNRI 2022 menggelar program menghidupkan kembali perpustakaan yang ada yaitu Perpustakaan Iqro’.

M. Gadink Nurikhsan Ferdinand ketua tim Kukerta menuturkan tujuan utama diadakan program ini adalah menghidupkan kembali perpustakaan Iqro’. Prasarana atau fasilitas yang diberikan kampung dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat juga generasi muda kampung. Sehingga tim pengabdian Kukerta UNRI 2022 sangat antusias dalam menjalankan program kerja dengan tema literasi ini.

“Kegiatan itu dimulai pada tanggal 31 juli 2022, dengan membersihkan perpustakaan dan lingkungan sekitar perpustakaan. Para mahasiswa Kukerta berusaha membuat lingkungan perpustakaan bersih dan nyaman agar diminati pengunjung yang datang untuk membaca di perpustakaan Iqro’. Kegiatan bersih-bersih dimulai pada siang hingga sore hari,” jelas Gadink, Minggu (7/8).

Selanjutnya, tidak berhenti pada membersihkan lingkungan perpustakaan, pada tanggal 3 Agustus 2022 tim mahasiswa Kukerta UNRI juga melanjutkan inisiatif untuk menarik pengunjung atau anak-anak untuk datang ke perpustakaan dengan mendekorasi atau menghias ruangan dari beberapa stiker dan kata-kata motivasi, sehingga perpustakaan dapat dilihat sebagai wadah yang layak untuk literasi bagi masyarakat.

Sementara itu untuk menambah fasilitas yang ada di perpustakaan tim mahasiswa Kukerta UNRI membuat mading dari bahan dasar styrofoam dengan beberapa dekorasi untuk mempercantik mading yang bertujuan untuk tempat menyampaikan informasi terkait perpustakaan Iqro’ setempat.

Setelah pembuatan mading selesai, tepat pada 4 Agsutus 2022 tim mahasiswa Kukerta UNRI sudah dapat melanjutkan program kerja yaitu mengajak para generasi bangsa yakni anak-anak untuk kembali meningkatkan minat baca di perpustakaan yang dibuka pada sore hari. Tim Kukerta sudah menghidupkan perpustakaan kembali dengan baik dan sebagai pengingat para generasi untuk sadar akan pentingnya minat membaca sejak dini.

Penulis: Melita Br Lumban Gaol

 

(Ikhwan Nur Rahman)