Jember, Aktual.com – Dispendukcapil bergerak responsif menyikapi tingginya data masyarakat di Kecamatan Sumberbaru yang belum memiliki KTP elektronik atau e-KTP. Layanan On The Spot (OTS) menjadi salah satu alternatif untuk percepatan perekaman. Ada Sekitar 3000 lebih warga di Kecamatan Sumberbaru Jember, yang belum melakukan perekaman.

“Memang sangat ironi, saat di satu kecamatan ada 3000 an warga yang belum melakukan perekaman e-KTP, yakni kecamatan Sumberbaru yang memang capaian perekaman e-KTP nya terendah se Kabupaten Jember,” ujar Isnaini Dwi Susanti, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jember.

Pihak Dispendukcapil melakukan OTS dengan jemput bola ke desa-desa yang ada di Kecamatan Sumberbaru ini bukan tanpa alasan, dimana pihaknya mendapatkan nama-nama warga yang belum memiliki e-KTP dan sudah diumumkan di media sosial, namun respon dari warga sangat minim.

“Padahal kami sudah mengumumkan nama-nama warga yang belum melakukan perekaman e-KTP melalui media sosial, tapi respon dan kesadaran masyarakat akan pentingnya adminduk masih perlu dilakukan sosialisasi, sehingga kami melakukan jemput bola,” jelasnya.

Upaya jemput bola ini bukannya tidak ada tantangan bagi petugas dari Dispendukcapil. Menurutnya, ada di salah satu desa di Kecamatan Sumberbaru, jumlah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP mencapai 200 orang.

Namun saat tim nya melakukan jemput bola dengan menggelar perekaman e-KTP On the Spot di balai desa, warga yang datang tidak lebih dari 50 orang, sehingga pihaknya harus beberapa kali datang ke desa tersebut.

“Kami harus bolak-balik ke Sumberbaru, bahkan pernah kami melakukan OTS seminggu 2 kali, ya memang jauh tempatnya, tapi ya mau gimana lagi, hitung-hitung sekalian melayani masyarakat dengan refreshing,” pungkas Santi.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)