Diskusi Panel pertama "Global E-Commerce in Emerging Markets: Growth, Challenges, and Opportunities". Hadir Menkominfo Rudiantara menyampaikan bahwa Indonesia harus siap secara infrastruktur untuk menghadapi persaingan perdagangan melalui platform digital. AKTUAL/IST

Jakarta, Aktual.com – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menyebut bahwa layanan seluler di Jayapura dan sekitarnya terganggu karena perbuatan orang tidak dikenal (OTK) yang sengaja memotong kabel utama jaringan optik telekomunikasi.

“Yang terjadi di Jayapura, karena ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura,” kata Rudiantara ditulis Jumat (30/8).

Rudiantara menegaskan bahwa gangguan telekomunikasi yang terjadi di Jayapura dan sekitarnya, bukanlah karena kebijakan pemerintah. Sebab kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan layanan data.

“Kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data (tidak ada kebijakan black out) sementara layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan,” ujar Rudiantara.

Saat ini, kata Rudiantara, pihak Telkomsel sedang berusaha memulihkan jaringan telekomunikasi di kawasan tersebut dengan berbagai cara baik perbaikan atau pengalihan lalu lintas (Traffic) komunikasi.

(Abdul Hamid)