Beranda Internasional Layani 5,9 Juta Penumpang, Bandara Istanbul Jadi yang Tersibuk di Eropa

Layani 5,9 Juta Penumpang, Bandara Istanbul Jadi yang Tersibuk di Eropa

Bandara Istanbul (Reuters)

Ankara, aktual.com – Asosiasi Perdagangan Bandara Eropa menyebut Bandara Istanbul adalah bandara tersibuk di Eropa pada bulan Juni, dengan melayani 5,996 juta penumpang.  Meskipun data dari Airports Council International (ACI) Eropa tersebut menunjukkan lalu lintas penumpang yang sedikit turun dari masa sebelum pandemi sekitar 1,7 persen. Tetapi secara statistik, angka tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat atau naik 115,4 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Dilansir dari Anadolu Agency, Bandara Heathrow London berada di urutan kedua, dengan melayani 5,991 juta penumpang. Salah satu bandara Hub di Inggris itu mengalami kenaikan tahunan sebesar 526 persen tetapi turun 17,3 persen dibandingkan dengan 2019.

Urutan berikutnya ditempati oleh Bandara Paris-Charles de Gaulle dengan 5,45 juta penumpang dan Schiphol Amsterdam dengan 5,23 juta.

Sementara itu, Bandara Antalya di kota resor Mediterania Turki juga menjadi bandara Eropa tersibuk kedelapan pada bulan lalu, dengan melayani 3,91 juta penumpang.

Pada paruh pertama tahun ini, merujuk data tersebut, total lalu lintas penumpang di jaringan bandara Eropa melonjak 247 persen atau menjadi sekitar 660 juta penumpang.

(Megel Jekson)