Ujang Koswara (kanan) memperlihatkan temuan kompor penghasil tenaga listrik yang diberi nama Hawuko di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/3). Bersama komunitas Universitas Kehidupan Otonom (UKO) Ujang menghasilkan produk teknologi kompor penghasil listrik yang akan disosialisasikan ke sejumlah daerah di Indonesia, terutama derah yang belum tersentuh listrik agar masyarakat memiliki kemandirian energi, dan mampu diproduksi oleh masyarakat sendiri. ANTARA FOTO/Agus Bebeng/aww/17.

Pangkalpinang, Aktual.com – PLN Wilayah Bangka Belitung mengajak seluruh masyarakat di wilayah itu beralih menggunakan kompor listrik agar dapat lebih hemat, aman dan efisien.

General Manajer PLN wilayah Babel, Susiana Mutia, Minggu (5/11), mengatakan menggunakan kompor listrik jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan kompor gas non subsidi.

“Tadi kita sudah bandingkan kalau memasak masakan yang sama akan menghabiskan dua kompor gas ukuran 12 kg sekitar Rp350 ribu. Sementara kalau pakai kompor listrik cukup dengan 250 ribu saja. Jadi ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan kompor gas,” katanya.

Dikatakannya, dengan ketersediaan daya yang memadai masyarakat bisa memanfaatkan energi yang ada dengan beralih dari kompor gas ke kompor listrik.

“Dari korporasi kami juga menganjurkan kepada seluruh pegawai untuk beralih ke kompor listik. Hal ini guna mendukung program pemerintah ‘clean and green energy’. Apalagi di Bangka dan Belitung ini kita sudah mencanangkan untuk bersih lingkungan,” ujarnya.

Susiana menyebutkan, produk lain yang dapat menambah kenyaman bagi masyarakat yaitu sepeda listrik dan motor listrit, dimana sepeda dan motor listrik ini tentunya lebih hemat dan nyaman.

Untuk mendukung hal itu pihaknya telah menyiapkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) yang bisa dipergunakan oleh masyarakat dimana saja, sehingga tidak perlu khawatir jika kehabisan baterai.

“Harapan kami tahun ini dengan ketersediaan daya masyarakat maupun investor dapat memanfaatkan energi yang tersedia sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan sendiri, meningkatkan kenyamanan dan menyukseskan program pemerintah,” katanya.

ANT

(Antara)