Jakarta, Aktual.com – Komisi III DPR RI sepakat menyetujui naturalisasi dua pemain sepakbola, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Proses naturalisasi keduanya bakal dilanjutkan. Keputusan ini diumumkan dalam Rapat Kerja antara Komisi III DPR, Kemenpora, Kemenkumham dan PSSI, Senin (29/8).

Rapat ini dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali, Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej, dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Selain itu, baik Sandy maupun Jordy juga mengikuti rapat secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto menyebut, sejatinya seluruh anggota Komisi III menyetujui permohonan yang diajukan. Namun, forum tanya jawab dibuka bagi anggota Komisi agar mereka lebih memahami latar belakang hingga tujuan naturalisasi.

“Apakah Komisi III DPR dapat menyetujui pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Jordy Amat Maas dan Sandy Henny Walsh untuk selanjutnya diproses melalui peraturan perundang-undangan?” tanya Bambang Wuryanto.

Pertanyaan Bambang ini pun secara serentak mendapatkan jawaban setuju oleh seluruh anggota Komisi III DPR yang menghadiri rapat.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan melakoni laga resmi FIFA melawan Curacao pada 24 dan 27 September. PSSI berharap proses naturalisasi Jordi dan Sandy segera rampung dan agar mereka dapat membela timnas di laga tersebut.

“Pada 24 dan 27 (September) ada FIFA Matchday, kita ingin melawan Curacao negara ranking ke-84 FIFA. PSSI ingin sebelum FIFA Matchday kedua pemain itu bisa menjadi WNI,” ujar Iriawan kepada wartawan di sela-sela rapat.

“PSSI berterima kasih kasih kepada Presiden Bapak Joko Widodo, Bapak Menpora Zainudin Amali, Bapak Menkumham Yasonna Laoly, Komisi III DPR, dan semua pihak yang telah membantu proses naturalisasi ini,” sambungnya.

Ia meyakini kehadiran Sandy dan Jordy akan memberikan dampak besar bagi Timnas Indonesia, termasuk menarik minat pencinta sepakbola tanah air.

“Kami percaya kehadiran kedua pemain tersebut akan meningkatkan secara signifikan kualitas tim nasional seperti yang diharapkan segenap masyarakat pencinta sepakbola Indonesia. Terlebih, Indonesia akan menghadapi Piala Asia 2023,” kata Iriawan menambahkan.

Selanjutnya, Kemenpora dan PSSI juga dijadwalkan mengikuti rapat bersama Komisi X DPR yang membidangi olahraga pada bulan September. Rapat ini masih terkait pembahasan permohonan kewarganegaraan Sandy dan Jordy.

(Warto'i)