Jakarta, Aktual.co —Ribuan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) akan mengepung gedung Balaikota DKI dan DPRD DKI Jakarta dalam unjuk rasa melengserkan Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.
Ketua Umum Forum Betawi Bersatu (FBB) Haji  Endang yang merupakan salah satu koordinator aksi damai sejuta umat itu mengatakan aksi hari ini tujuannya tidak lagi menolak Ahok.
“Tapi akan melengserkan Ahok dari Jabatannya. Gusdur aja bisa dilengserkan, Aceng Fikri (mantan Bupati Garut) aja bisa, masa si Ahok ngga bisa?” ujarnya, saat dihubungi Aktual.co, Minggu (9/11).
Kata dia, aksi akan dihadiri lebih dari 100 ribu pengunjukrasa dari berbagai ormas yang tergabung dalam GMJ. 
Salah satu alasan mereka ingin melengserkan Ahok karena dia dianggap telah merusak syareat Islam.
“Jadi ini umat islam udah marah sama Ahok. Dia telah mengobok-ngobok syareat Islam, mulai dari dia mencoret anggaran makan jamaah haji Jakarta, pemotongan hewan Qurban, sampai rencana penghapusan kolom Agama. Nanti kalau ada orang mati di jalan di KTP-nya gak ada agamanya, kita bingung mau urus pake cara apa? Yang bener aja,” tegas Endang.
Rencanya aksi ini akan dimulai sejak pukul 08.00Wib  dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia dengan melakukan aksi longmarch hingga Gedung DPRD dan Balaikota DKI. 
Selain dihadiri berbagai ormas dan majelis ta’lim se-Jakarta dan dari MUI, kata Endang, aksi juga akan dihadiri berbagai tokoh ulama. 
“Habib Rizieq, KH.Arifin Ilham bahkan Rhoma Irama juga hadir. Ane gak bisa bayangin dah itu umat, Majelis Rosululloh aja udah kaya apa Jamaahnya,” pungkasnya. 

()