Aktual.co —Bukan tak mungkin anda mengalami kejadian tak mengenakkan yakni ponsel anda ‘nyemplung’ ke air atau bahkan basah karena kehujanan.
Meski memang sudah ada beberapa produk yang anti air, namun saat ini tak semua ponsel anti air. 
Sebenarnya ada lima langkah praktis jika kejadian tersebut menimpa anda. Seperti yang dikutip dari infospesial, Minggu (19/10) berikut lima langkah yang bisa anda lakukan.
1. Segera matikan ponsel atau tablet AndaSaat pertama Anda melihat ponsel Anda jatuh ke dalam air, jangan hanya sekedar langsung mengambilnya tetapi langsunglah mematikan ponsel Anda. 
Langkah ini dilakukan untuk menghentikan daya sebelum air memasuki panel komponen dan membuat hubungan pendek.
2. Keringkan bagian luar ponsel
Jika ponsel Anda hanya kebasahan sebatas kehujanan dari gedung, Anda bisa mengelap bagian luar ponsel dengan handuk halus seperti kain flanel pembersih kaca mata. 
Bersihkan bagian-bagian yang berpotensi sebagai jalan masuk air ke dalam ponsel seperti colokan usb, earphone, speaker dan microphone. 
Jangan lupa lepaskan bagian yang dapat dicopot seperti kartu SIM dan baterai serta keringkan juga bagian-bagian itu.
3. Siapkan paket silica gel (kantung penyerap kelembaban) dalam sebuah kantong
Bahan silica gel ini bisa Anda dapatkan di toko-toko peralatan rumah tangga. Saat ponsel Anda basah, segera lepaskan semua casing , baterai, memori dan sim card Anda dan masukkan ke dalam kantung silica gel. 
Jika tidak, Anda bisa menggunakan beras sebagai pengganti silica gel. Metode ini dimaksudkan untuk menyerap kelembaban yang disebabkan air yang sudah masuk dalam ponsel.
4. Tunggu Selama 72 Jam
Setidaknya biarkan ponsel Anda benar-benar kering dalam kantung silica gel atau beras tersebut selama 3 hari agar air yang masuk dalam ponsel sudah benar-benar hilang.
5. Nyalakan kembali ponsel setelah 72 jam
Jika Anda yakin bahwa kondisi ponsel Anda sudah bebas dari air, Anda bisa kembali menyalakan ponsel Anda. 
Jika ingin lebih yakin, Anda bisa mengarahkan hairdryer beberapa saat ke ponsel Anda dan mulai menyalakannya. 
Tetapi Anda juga harus tahu bahwa ponsel yang sudah pernah terkenal air maka dalam waktu dekat akan mengalami korosi. Jika ponsel Anda kemudian mengalami gangguan, Anda sudah tahu apa penyebabnya.

()