Para Pemain Brighton melakukan selebrasi usai bobol gawang Liverpol

Jakarta, Aktual.com РLiverpool takluk 0-3 kepada tuan rumah  Brighton & Hove Albion dalam pertandingan Liga Premier di Stadion American Express Community, Sabtu malam WIB.

Tiga gol tuan rumah tercipta pada babak kedua yang dua di antaranya dicetak Solly March, sedangkan satu gol lainnya disumbangkan oleh Danny Welbeck.

Kemenangan ini membuat Brighton menggeser Liverpool pada peringkat tujuh dengan 30 poin, sedangkan Reds kini berada pada tempat delapan dan mengumpulkan 28 poin.

Peluang pertama diciptakan oleh tuan rumah ketika Solly March bergerak dari dari sisi kanan sebelum melepaskan sepakan mendatar.

Kiper Liverpool Alisson Becker tidak bisa menjangkau bola, tetapi Trent Alexander-Arnold menyelamatkan gawang Liverpool dari kebobolan.

Brighton kembali mencatat peluang emas pada menit ke-8 saat Pascal Gross bekerja sama dengan Alexis Mac Allister dari sepak pojok, tetapi sundulan Mac Allister tepat mengarah kepada Allison.

The Reds menekan balik pada menit ke-25 manakala Mohamed Salah menusuk dari sisi kanan hingga kotak penalti sebelum melepaskan sepakan dari sudut sempit namun Robert Sanchez meredamnya.

Pada menit ke-41, wasit sempat menunjuk titik putih usai March dijatuhkan oleh Alisson, namun kemudian dibatalkan usai wasit meninjau VAR karena March lebih dulu offside.

Brighton langsung mencetak gol saat babak kedua berjalan satu menit ketika mereka merebut bola setelah menekan pemain Liverpool. Permainan umpan Brighton kemudian dituntaskan dengan penyelesaian March yang berujung gol untuk tuan rumah.

Sebelas menit kemudian, Brighton menggandakan ketika March mencetak gol kedua lewat sepakan keras ke pojok kiri gawang Alisson setelah menerima umpan dari Evan Ferguson.

Liverpool berusaha mengejar ketinggalan lewat percobaan gol yang dibuat Cody Gakpo yang digagalkan kaki Sanchez.

Brighton kembali menjebol gawang Liverpool untuk ketiga kalinya pada menit ke-81. Bermula dari lemparan ke dalam, bola disundul March kepada Danny Welbeck di kotak penalti yang berhasil mengecoh Joe Gomez sebelum melepas tembakan keras yang berbuah gol.

Brighton masih beberapa kali menciptakan pelang di sisa waktu pertandingan, namun kedudukan tetap 3-0.

(Arie Saputra)