Jember, Aktual.com – Lomba Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Se-Kabupaten Jember, resmi ditutup oleh Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman yang berlangsung di Aula Praja Mukti pada Jumat Malam, (03/12) lalu.

Sebelumnya, pada saat pembukaan (25/11) dibuka langsung oleh Bupati Jember. Selama lomba berlangsung berjalan dengan baik dengan diikuti oleh 1143 peserta dengan 7 cabang lomba.

Pada saat acara penutupan, panitia hanya mengundang peraih juara 1 dari 7 cabang lomba. Selebihnya berkesempatan mengikuti acara secara daring. Mengingat sampai saat ini Pemkab Jember masih ketat dalam mengantisipasi virus Covid-19.

Wabup Jember menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai media silaturahmi beberapa pesantren dan lembaga keagaman yang dapat diikuti oleh santri-santri yang berprestasi.

“Kabupaten Jember yang juga memiliki sebutan sebagai Kota Religius harus selalu diwujudkan dengan praktik-praktik kegiatan yang menjunjung tinggi nilai agama,” pungkas Wabup Jember.

Wabup juga menuturkan bahwa Lomba MQK juga melatih mental santri di depan umum, karena hal tersebut sebagai modal pendakwah secara lisan.

“Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini, dapat melahirkan ulama-ulama,” tutupnya.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)