Mobil mengantre di gerbang Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/7). Menurut data Jasa Marga, memasuki H+3 arus balik Idulfitri 1437 Hijriyah terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang melintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga 27 persen. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/foc/16.

Bekasi, Aktual.com – PT Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas ‘contra flow’ atau lawan arah di lintasan Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (16/2) siang, menyusul terjadinya kemacetan parah hari lubur Imlek 2018.

“Masih dalam rangka arus mudik libur panjang Tahun Baru Imlek 2569 (2018), volume lalu lintas di Jalan Tol Cikampek arah Cikampek terpantau mulai meningkat dan saat ini menimbulkan kepadatan di titik tertentu,” kata Humas Jasa Marga Dwimawan Heru dalam siaran pers yang diterima di Bekasi.

Menurut dia, saat ini titik kepadatan terpantau menjelang akses keluar-masuk “rest area” di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yaitu pada rest area KM39.

Untuk mencairkan kepadatan, kata dia, Jasa Marga atas diskresi dan kerja sama dengan pihak kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow dari KM29 hingga KM41 arah Cikampek sejak pukul 11.15 WIB.

“Hingga kini contra flow masih kita terapkan karena situasi masih terpantau padat,” ucapnya.

(Andy AbdulHamid)