Jakarta, Aktual.com — Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera Provinsi Lampung di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, dan Kabupaten Lampung Tengah terdapat banyak tikungan tajam yang minim rambu-rambu lalu lintas dan gelap pada malam hari karena tidak ada penerangan jalan sehingga pengguna jalan harus berhati-hati..

“Banyak tikungan tajam di Jalan Lintas Timur melewati tiga kabupaten di Lampung itu, jadi masyarakat harus hati-hati,” kata Sapei (38), warga Tulangbawang, Senin (26/10).

Menurut dia, hampir setiap tahun terjadi kecelakaan lalu-lintas di ruas Jalintim di wilayah Tulangbawang, dekat tempat tinggalnya itu, hingga memakan korban jiwa.

Dia mengingatkan para pengguna Jalintim itu, apalagi bagi yang baru pertama kali melintas, mesti waspada, mengingat di sana hampir setiap tahun terjadi kecelakaan, baik itu kecelakaan berupa tabrakan dengan kendaraan lain maupun kecelakaan tunggal yang diakibatkan tidak terkendali kendaraan ketika akan menikung.

Damar (24), warga Mesuji menjelaskan pula, Jalintim Sumatera banyak sekali tikungan tajam, sehingga sangat rawan terjadi kecelakaan lalu-lintas.

Apalagi pada setiap tikungan tajam tersebut, ketika malam hari selalu gelap gulita, sebab tidak ada lampu jalan yang berada di sekitar tikungan jalan itu.

“Kecelakaan lalu-lintas sering juga terjadi pada malam hari, sebab pada setiap tikungan tajam tidak ada lampu di Jalan Lintas Timur ditambah minim rambu lalu-lintas, sehingga bagi pengguna jalan yang jarang melintas tentunya sering terjebak pada tikungan yang tajam tersebut,” ujar Damar lagi.

Masyarakat dan pengguna Jalintim di tiga kabupaten itu berharap segera dapat dipasangi rambu lalu-lintas dan lampu penerangan jalan, sehingga dapat mencegah dan mengurangi kecelakaan maupun kerawanan selama perjalanan.

 

 

(Ant)

()