Jember, Aktual.com – Untuk terus memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Jember, Pemerintah Kabupaten melakukan penyemprotan disinfektan di tiga kecamatan kota yakni Patrang, Kaliwates dan Sumbersari.

Dengan menggunakan 3 unit mobil gunner yang berkapasitas 5000 liter disinfektan, menyasar puluhan titik.

Hal tersebut, akan dilakukan selama dua hari yang kemudian akan dilanjutkan pada penyemprotan massal di 31 kecamatan untuk menekan penyebaran virus yang hingga kini masih tinggi.

Di hari pertama ini, Pemkab Jember melalui PMI Jember menerjunkan 65 personel, termasuk diantaranya petugas yang melakukan sosialisasi pada masyarakat.

Pelepasan tiga unit gunner hari pertama dilakukan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto di Unit Markas PMI Kabupaten Jember, Ia berharap dengan dilakukan penyemprotan secara massal tersebut bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat selain juga diimbangi dengan disiplin protokol kesehatan khususnya 5 M.

“Ini cara kami untuk terus bahu membahu bersama PMI dan TNI/Polri serta relawan untuk mencegah penyebaran virus. Semoga level PPKM Jember segera turun dan roda perekonomian bisa kembali berputar,” ujar Bupati Hendy Siswanto, ke awak media usai melepas tiga mobil Gunner, Senin (02/08).

Selain itu, dengan tingginya angka pasien yang terpapar covid 19 setiap harinya di jember, membuat perekonomian masyarakat sulit untuk bergerak.

“berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah yang salah satunya menggandeng PMI Jember, untuk melakukan penyemprotan massal di seluruh kecamatan dengan diawali dari tiga kecamatan yang ada di kawasan kota,” ungkapnya.

“kalau levelnya turun, 2 atau 3 maka perekonomian kita bisa kembali berputar,” tutur Hendy.

Menurutnya, tiga mobil gunner yang dikerahkan tersebut, dua diantaranya dari PMI Propinsi Jawa Timur yang diturunkan ke Jember untuk membantu PMI kabupaten melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Ketua PMI Jember, E.A Zaenal Marzuki menyampaikan bahwa selain penyemprotan, relawan PMI Jember juga melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan disiplin protokol kesehatan 5 M sesuai anjuran dari pemerintah dalam rangka menyelamatkan kita dari paparan Covid-19.

“Ini bentuk keseriusan kami PMI Jember untuk membantu pemerintah menangani penyebaran covid 19, dan kami berharap masyarakat mendukungnya dengan cara mentaati protokol kesehatan yang menjadi kunci utama pencegahan penyebaran virus,” pungkasnya.

(Aminudin Aziz)

(Nusantara Network)