Jakarta, Aktual.com – Marc Marquez mengonfirmasi bahwa dirinya bakal kembali ke paddock MotoGP pada seri Austria. Pengoleksi delapan gelar juara dunia itu akan hadir untuk memantau langsung situasi Honda, sembari melanjutkan proses pemulihan.

Marquez mengungkapkan perkembangan kondisi fisiknya. Proses memperkuat lengan kanannya diawasi secara ketat, sambil bekerja sama dengan tim dokter, fisioterapis serta penasihatnya, dalam kabar terbaru yang dirilis Repsol Honda Team pada Selasa (9/8).

“Selangkah demi selangkah saya merasa lebih baik, dan tulang sembuh dengan cara yang baik, yang merupakan berita terbaik dari semuanya. Kami masih dalam mode rehabilitasi,” tutur Marquez dikutip dari laman resmi Honda, Rabu (10/8/2022).

“Saya bekerja sangat keras di sisi kardio untuk mencoba dan siap. Pada akhir Agustus, saya menjalani pemeriksaan medis lagi, dari sana kami dapat membuat langkah lain dengan rehabilitasi dan benar-benar mulai menekan serta membangun (kekuatan) otot.”

Spaniard lalu menuturkan, bahwa hari-hari menjalani pemulihan terkadang terasa berat dilaluinya. Namun, ia terus meyakinkan dirinya untuk tetap bersikap positif akan kesembuhan fisiknya seperti sedia kala.

“Saya optimistis, tetapi saya tidak ingin mengatakan terlalu banyak tentang pengaturan waktu sampai kami mendapatkan pemeriksaan. Ini bukan waktunya untuk terlalu menekan. Saya telah menunggu lama untuk perasaan seperti ini,” ujarnya.

Meski berada di luar trek, Marquez rupanya memperhatikan betul permasalahan yang mendera RC213V. Selain fokus rehabilitasi, dia rupanya tetap terlibat dalam pengembangan motor Honda. Bahkan berkomunikasi dengan Stefan Bradl.

“Inilah mengapa saya akan pergi ke Austria, untuk berbicara dengan semua orang. Kami menang bersama, kami kalah bersama, dan kami akan kembali bersama.”

Marquez juga mengatakan, dirinya berada dalam situasi penuh perjuangan selama dua tahun terakhir. Jelas ini tak mudah, lantaran The Baby Alien tengah di puncak sebelum dibekap cedera patah tulang humerus kanan.

“Saya memenangi beberapa balapan tahun lalu seperti ini, tetapi saya banyak berjuang. Di Jerez saya menyadari sesuatu harus berubah.”

“Saya tidak dapat melakukan operasi lain. Saya yakin yang ini akan bagus, namun pikiran-pikiran ini selalu ada di benak saya,” ucapnya.

Meski sudah membaik, Marquez masih beluh tahu persis kapan dirinya bisa kembali ke lintasan. Namun, ia terus berkomunikasi dengan tim Honda untuk membantu perkembangan motor RC213V.

(Andy Abdul Hamid)