Pati, Aktual.com – Dalam kehidupan di dunia yang fana ini, musuh utama kaum Mu’minin adalah iblis dan para tentaranya. Mereka (iblis) tiada henti berusaha untuk menghancurkan kaum Mukminin. Berbagai macam cara apapun mereka (iblis) lakukan untuk hal tersebut, agar kaum mu’minin tersesat dari jalan Allah yang lurus.

Dalam surah Al A’rof Allah SWT berfirman:

قَالَ فَبِمَآ أَغْوَيْتَنِى لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرٰطَكَ الْمُسْتَقِيمَ

ثُمَّ لَءَاتِيَنَّهُم مِّنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمٰنِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شٰكِرِينَ:

Artinya: “Iblis (menjawab) “sebagaimana enkau telah menyesatkan aku, aku selau akan menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus. Kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari arah depan, dari belakang, dari kanan dan kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan dari mereka bersyukur”(QS. Al A’rof/7: Ayat 16/17)

Dari ayat diatas, kita mengetahui betapa Iblis telah bersumpah untuk menyesatkan bani Adam dari jalan Allah yang lurus, mereka berusaha menggoda bani Adam baik dari depan, belakang dan kedua sisi mereka.

Kaum mukminin (bani Adam) yang mengikuti jalan mereka dan tersesat masuk kedalam neraka. Akan tetapi dengan kasih sayangnya Allah SWT memberikan benteng kepada kaum mukminin sebagai pertahanan mereka dari dahsyatnya tipu daya Iblis dan tentaranya.

(Andy AbdulHamid)