Jakarta, Aktual.com – Pada bulan Ramadan, ada satu malam istimewa yang jatuh pada setiap malam ke-17 Ramadan. Malam itu sering dikatakan sebagai malam seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadr.

Malam Lailatul Qadr adalah malam ketika diturunkannya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Pada malam itu, biasanya diadakan oleh umat muslim dengan berdzikir dan mendengarkan tausiah mengenai kitab umat muslim tersebut bersama-sama di dalam masjid.

Tak berbeda dengan masjid lainnya, malam Nuzulul Quran di Masjid Islamic Centre juga dilaksanakan dengan khitmat. Hal tersebut diutarakan oleh Paimun, Kepala Seksi Siaran Bidang Informasi dan Komunikasi Masjid Jakarta Idlamic Centre.

“Di masjid ini seperti biasa akan merayakan malam Nuzuluk Quran, biasanya malam tersebut dilewati dengan penuh khidmat dan khusuk,” ujar Paimun kepada Aktual.com, Rabu (1/7).

Paimun juga menceritakan bahwa tradisi malam Nuzulul Quran di Masjid Jakarta Islamic Centre, berbeda dengan masjid-masjid lain, yakni adanya doorprize di akhir malam.

“Kita selalu berusaha mengedukasi para jamaah agar sama-sama beribadah di malam Nuzuluk Quran. Disitu kita mengadakan pembagian doorprize agar jamaah semakin tertarik,” terang Paimun

Acara malam Nuzulul Quran di masjid Jakarta Islamic Centre diadakan setelah tarawih dan diakhiri dengan pembagian doorprize. “Acaranya mulai dari setelah tarawih. Dan dipenghujung acara baru kita umumkan pemenang doorprize. Hal itu kami lakukan biar jamaah tetap berada di tempat untuk mendengarkan tausiyah menarik di malam yang baik itu,” paparnya

Adapun hadiah yang ditawarkan mulai dari tiket pulang pergi umrah, sampai ke perabotan rumah tangga. “Tahun -tahun lalu ada pemenang umrah yang didapat oleh salah satu pegawai disini cleaning service, ada juga beberapa perabotan rumah tangga seperti kipas angin, magic jar, kompor dan lain sebagainya. Tahun ini kami akan buat kurang lebih seperti itu, tinggal tunggu acc,” jelas Paimun.

()