Jakarta, aktual.com – Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan Ron tinggi seperti Pertamax, dinilai sudah menjadi keharusan. Apalagi saat ini kualitas udara di kota-kota besar cenderung memburuk.

Maka, langkah pemerintah daerah, seperti DKI Jakarta, melakukan keharusan uji emisi dinilai langkah tepat dan perlu diterapkan di daerah lain.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyampaikan, secara otomatis, penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan ron tinggi akan membuat kualitas udara lebih baik. Termasuk kinerja mesin kendaraan lebih terawat dan sempurna.

“Terkait dengan penggunaan BBM dengan RON yang lebih tinggi apakah akan memperbaiki kualitas udara? Saya jawab pastinya sangat bisa. Penggunaan BBM Ron tinggi jelas mengurangi kadar emisi,” kata Mamit, kepada wartawan, ditulis Selasa (2/2/2021).

Selain itu, kata Mamit, dengan menggunakan BBM ron tinggi, maka kinerja mesin, pembakaran mesin, menjadi lebih sempurna. Melalui kinerja mesin yang sempurna, kompresi mesin menjadi lebih tinggi dan akselerasi menjadi lebih bagus.

(Zaenal Arifin)