Jakarta, Aktual.com – Menjaga cat mobil tetap mengkilap menjadi bagian yang penting untuk penampilan kendaraan Anda. Merawat tidak hanya sebatas kondisi mesin saja, karena bagian eksterior memberikan visual yang menentukan sehingga menarik untuk dipandang. Itulah mengapa banyak orang melakukan perawatan secara rutin di Otoklix.com.

Helda Sihombing selaku Content Manager di Otoklix. Otoklix adalah perusaan startup yang memberikan banyak manfaat bagi para pengguna mobil untuk bisa merawat mobil dengan biaya yang pasti dan transparant.

“Faktor yang sering membuat kondisi cat maupun body mobil menjadi kusam adalah cuaca yang sering berubah. Jika dibiarkan akan semakin kusam bahkan rusak. Perawatan yang tepat mempengaruhi nilai estetika mobil menjadi bagus dan mengkilat.” Ucap Helda Saat di wawancarai via daring.

Tips Menjaga Cat Mobil Tetap Mengkilap dan Kinclong

Seiring penggunaan sehari-hari kemungkinan besar kualitas cat menurun. Untuk tetap menjaganya lebih awet dan bertahan jangka panjang, Otoklix membagikan tips untuk membuat mobil selalu terlihat mengkilap berikut ini.

Cuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Tips pertama adalah segera mencucinya ketika terkena air hujan. Air hujan memiliki kandungan zat asam yang bisa memicu jamur dan merusak cat mobil.

“Salah satu jalan terbaiknya adalah mencucinya langsung dan menyekanya hingga kering agar zat asam hilang. Gunakan sabun khusus mobil dan bilas hingga bersih.” Pungkas Helda.

Sering Cuci Mobil dengan Sabun Khusus

Pada dasarnya mencuci mobil juga harus menggunakan sabun khusus mobil. Mengingat sabun lainnya memiliki kandungan yang keras yang bisa merusak dan membuat warna cat mobil menjadi kusam.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan menjaga cat mobil tetap mengkilap, sebaiknya Anda menggunakan sabun khusus untuk mobil karena memiliki kandungan aktif untuk mempertahankan dan melindungi cat mobil dari cuaca dan  serangan dari luar.

Hindari Mobil dari Embun Malam

Untuk mempertahankan kondisi mobil selalu mengkilap adalah dengan menghindarkannya dari embun malam. Seperti layaknya hujan, embun malam juga mengandung zat asam yang mampu menyerap dalam pori-pori cat mobil.

Itulah mengapa seiring waktu embun pagi juga merusak mobil jika dibiarkan. Sebaiknya Anda menaruhnya pada garasi tertutup.

Parkir Mobil di Tempat Teduh

Hal yang paling penting Anda terapkan di mana saja adalah parkir mobil di tempat yang teduh. Sehingga mobil tidak terkena matahari secara langsung.

Cat mobil yang terkena matahari langsung dapat cepat memudar hingga mengelupas. Sinar matahari memiliki sinar ultraviolet yang dapat mengubah komposisi warna cat mobil sehingga semakin kusam.

Untuk itu Anda bisa mengambil cara menjaga cat mobil tetap mengkilap dengan menutupnya dengan cover mobil untuk menghindari embun malam atau sinar matahari langsung. Untuk tetap mengkilap juga perlu menghindari penggunaan cover mobil saat kendaraan dalam kondisi basah.

Hawa lembab yang tertutup sarung mobil membuat cat terlihat kusam. Usahakan menutupnya saat mobil sudah kering dan terbebas dari debu maupun kotoran.

Gunakan Wax atau Cairan Poles untuk Body Mobil

Ketika Anda sering mencuci mobil, maka langkah setelah pengeringan, Anda lapisi mobil dengan wax atau cairan khusus. Lakukan sesering mungkin untuk mendapatkan cat mobil yang mengkilap.

Selain membuatnya tetap mengkilap, wax tersebut mampu membunuh jamur sehingga mobil kinclong dan terbebas dari bercak-bercak.

Oleskan pada mobil secara perlahan dan hati-hati hingga ke semua bagian mobil dan tunggu hingga kering. Anda bisa membersihkan kembali menggunakan lap microfiber untuk menjaga cat mobil tetap mengkilap .

Gunakan secukupnya secara berkala dan jangan berlebihan. Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada banyak namun intensitasnya lama.

Wax atau sealant merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk melindungi mobil sehingga terlindungi dari debu yang menempel maupun cahaya matahari langsung.

Koreksi Cat Mobil Berkala

Ketika Anda menggunakan mobil untuk melaju, tentunya banyak sekali benda dan kotoran yang menyerang. Baik air hujan, kerikil, ranting pohon, dan lainnya sehingga cukup membahayakan cat mobil Anda.

Jika diperhatikan secara detail, cat mobil tersebut berisiko baret di beberapa bagian bodi. Selain itu juga efek dari oksidasi zat kimia air hujan dan garam yang membuatnya tidak sedap dipandang.

Jika sudah begini, untuk tetap mempertahankan eksterior dan menjaga cat mobil tetap mengkilap adalah dengan bantuan para tenaga ahli. Membuat cat mobil bagus kembali dan melindungi bagian logam bodi mobil adalah dengan teknik compounding, glazing dan polishing.

Mobil Anda juga terhindar dari karatan maupun korosi. Bodi mobil akan dilapisi dan disempurnakan kembali sehingga terlihat mengkilap dan menarik.

Gunakan Kain Lap yang Tepat

Menjaga agar tetap mengkilap selanjutnya adalah dari segi penggunaan kain lap untuk mengeringkan atau menyeka mobil setelah di cuci maupun keadaan apapun.

Hindari penggunaan kain bekas untuk mengeringkan. Serat kasar pada kain yang sembarangan membuat cat Anda bergaris halus. Untuk itu gunakan pengering khusus mobil yang lembut untuk menjaga penampilan mobil.

Menjaga cat mobil tetap mengkilap dan kinclong sepanjang hari maka Anda dapat percayakan perawatan mobil Anda melalui bengkel umum mitra Otoklix. Konsultasi lebih mudah, fasilitas bengkel umum yang lengkap dan murah. Hanya dengan aplikasi Otoklix. Dapatkan promo Gratis Ganti Oli atau GoGoklix sesuai syarat dan ketentuan program.

 

(Andy Abdul Hamid)