Ketua PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarini, didampingi Ketua TP PKK Kelurahan Bintoro Indah Susilowati, saat memberikan sambutan di Pendopo Kelurahan Bintoro, foto:Aktual/Aziz
Ketua PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarini, didampingi Ketua TP PKK Kelurahan Bintoro Indah Susilowati, saat memberikan sambutan di Pendopo Kelurahan Bintoro, foto:Aktual/Aziz

Jember, Aktual.com – PKK Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Jember, tidak sia-siakan momen Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM), Dimana ini merupakan kegiatan untuk menghidupkan kembali ditingkat kelurahan Maupun Desa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua TP PKK Kelurahan Bintoro Indah Susilowati, usai menerima kunjungan TP PKK Kabupaten Jember di Pendopo Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Jember pada, Jum’at (25/02) pagi.

Menurutnya, pihaknya sangat bersyukur dan senang dengan kegiatan PKK yang digelar di kelurahannya. Ini merupakan menghidupkan kembali kegiatan – kegiatan ibu ibu PKK di kelurahan.

“Hal ini tidak lain kegiatan PKK, dimana saat ini bisa dibilang mati suri mas, setelah sekian tahun tidak ada kegiatan. Hari ini akhirnya bisa hidup kembali, sehingga momen ini benar-benar kami manfaatkan untuk menggelar bazar UMKM berbagai produk warga kelurahan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ia menjelaskan bahwa pihaknya juga menggelar bazar UMKM, dengan diaktifkannya kembali kegiatan PKK di wilayahnya. Sehingga optimis percepatan perekenomian terhadap warga sekitar.

“Ke depan kami akan membuat semacam sentra UMKM, di mana produk-produk yang kami jual adalah murni dari ibu-ibu PKK dan UMKM yang ada di wilayah kami,” jelasnya.

Hal senada pun juga diungkapkan oleh Ketua PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarini, bahwa kegiatan yang dikemas dengan. Lomba 10 Program Pokok PKK tersebut, merupakan untuk menghidupkan kembali kegiatan Ibu-Ibu PKK di tingkat kelurahan dan desa di Kabupaten Jember.

“Kami memang ingin menghidupkan kembali PKK di Kabupaten Jember setelah sempat mati suri dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, program BBGRM ini juga program dari pemerintah pusat sehingga kami jadikan momentum untuk kebangkitan PKK di Kabupaten Jember,” ujarnya.

Selain itu, Ia menjelaskan, bahwa pihaknya akan terus menggerakan kader-kader PKK di Kabupaten Jember, untuk membantu pemerintah daerah dalam memajukan perekonomian di kalangan ibu-ibu. Selain itu juga untuk menciptakan pola hidup sehat melalui 10 program pokok PKK yang dilombakan.

“Setiap hari minimal 2 kecamatan kami datangi bersama tim penilai PKK Kabupaten. Hari ini di Kecamatan Patrang yang tadi digelar di kantor Kelurahan Bintoro dan Kecamatan Sumbersari yang digelar di Kantor Kelurahan Tegal Gede. Di sini kami akan menilai rumah sehat yang dijadikan percontohan oleh PKK tingkat kecamatan,” jelasnya.

Adapun adanya rumah sehat percontohan, diharapkan kehidupan masyarakat di Kabupaten Jember juga ikut sehat, dengan jiwa yang sehat, maka kehidupan masyarakatnya juga sehat.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)