Jakarta, Aktual.com – Seorang dokter bedah umum, Aris Ramdhani mengunggah foto membludaknya warga negara asing yang tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin (28/12) malam ini.

“Baru dapat kabar dari rekan sejawat, beginilah keadaan T3 kedatangan internasional malam ini. Entah mau jadi apa kita ini,” kata Aris di akun Twitternya @arisrmd yang dilihat rri.co.id, Senin (28/12).

Postingan itu mendapat respons beragam dari warganet yang lain.

“Jika mengacu addendum, maka WNA maupun WNI yang menuju ke Indonesia harus melaksanakan karantina 5 hari. Semoga,” tulis @diajengdian_.

“Denger2 si di Yurop mau winter jadi kalo lockdown mereka prefer ke negara tropis. Mana bawa uang dikit bisa jadi banyak kan?” tulis @APWirawan.

“Mumpung blom ditutup pintunya. Lagian menlu retno ada ada aja, katanya bakal nutup akses internasional masuk ke Indonesia krn covid varian baru, tp nutupnya nunggu tgl 1 januari,” tulis @mdptyo.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, penutupan sementara akses masuk ke Indonesia dilakukan menyusul adanya strain baru covid-19, yang menurut berbagai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat.

Keputusan tersebut kata Retno disetujui dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi pada Senin (28/12).

“Menyikapi hal tersebut, rapat  terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk menutup sementara.  Saya ulangi, untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya warga negara asing atau WNA dari semua negara ke Indonesia,” ujar Retno dalam jumpa pers, Senin (28/12).(RRI)

(Warto'i)