Jakarta, Aktual.co — Brigjen TNI Andika Perkasa diangkat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) atas permintaan presiden terpilih, Joko Widodo.
Hal itu diungkapkan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko usai memimpin Apel Siaga dalam rangka Pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Kamis (16/10).
“Iya keinginan langsung (Jokowi). Dasarnya adalah konsultasi antara Panglima dengan Presiden terpilih,” kata Panglima TNI.
Dipilihnya menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono sebagai Danpaspampres dinilai wajar dalam struktur TNI.
Sebelum dipilih menjadi Danpaspamres, Andika menjabat Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad). Mertua Andika, AM Hendropriyono merupakan Dewan Penasehat Tim Pemenangan Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres lalu.
Pengangkatan Andika sebagai Danpaspampres berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/760/X/2014 tanggal 14 Oktober 2014, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.
Pengangkatan Andika sebagai Danpaspampres dinilai cukup cepat karena untuk Akmil angkatan 1987 baru dirinya yang menjabat jabatan berbintang dua.
“Yah memang untuk (angkatan) tahun 1987 dia yang pertama. Untuk angkatan 1986 sekarang sudah ada dua. Memang selalu ada yang duluan. Ini wajar,” kata dia.
Panglima TNI menambahkan, pada pemerintahan baru tidak ada perubahan protokol pengamanan.
“Nggak ada perubahan, standar pengamanan kita sudah pasti. Kita punya rencana operasi pengamanan VVIP, itu standar. Sedikitpun tidak boleh dikurangi,” kata Panglima TNI. 

()

()