Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat berbincang dengan salah satu pedagang di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Jakarta, Kamis (14/4).

Jakarta, Aktual.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengharapkan harga sejumlah kebutuhan pokok seperti telur dan daging ayam tetap stabil.

Saat meninjau Pasar Rawamangun di Jakarta Timur, Jakarta, Mendag menyatakan suplai daging ayam dan telur masih surplus sehingga besar kemungkinan harganya akan terus menurun.

“Telur tadi harganya sudah Rp24 ribu dari Rp25 ribu di minggu lalu,” ujar dia, Kamis (14/4)

Harga daging ayam bervariasi tergantung bentuknya, mulai dari Rp32 ribu, Rp35 ribu, hingga Rp36 ribu.

Menurut Mendag harga daging ayam seharusnya stabil di kisaran harga menengah, tidak di kisaran harga bawah. “Itu yang kami harapkan supaya peternak-peternak bisa ikut berlebaran tahun ini,” ucapnya.

Begitu pula dengan harga cabai dan bawang yang disebut lumayan menurun.

Untuk komoditas lain seperti beras harganya masih cenderung stabil, dan harga gula meningkat sedikit tetapi ketersediaan barang cukup.

Terkait harga minyak goreng curah, lanjut Lutfi, semestinya dijual sesuai ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp15.500. Namun, Mendag menerangkan bahwa komoditas itu dijual seharga Rp16 ribu.

Jika dibandingkan minggu lalu, harga minyak goreng curah menurun tiga persen dari Rp16.700 menjadi mendekati Rp16 ribu.

“Ini mestinya situasinya akan membaik dan mudah-mudahan bisa mencapai harga yang ditentukan oleh pemerintah sebelum lebaran,” harap dia.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menambahkan bahwa harga daging sapi berada di kisaran harga Rp130 ribu – Rp140 ribu per kilogram.

Hal ini disebabkan peningkatan harga daging sapi bakalan yang diimpor dari luar negeri, yakni dari 3,6 dolar AS menjadi 4,2 dolar AS per hari ini.

Karena itu, pihaknya memastikan masyarakat memperoleh alternatif untuk membeli daging beku (frozen meat) yang harganya cenderung lebih murah. Mulai dari daging beku kambing, sapi, dan kerbau.

“Kami akan pastikan sampai dengan lebaran semuanya akan baik dan terjangkau,” kata Arief.

(Arie Saputra)