Ilustrasi Pegawai Bank Memberikan Uang Kepasa Nasabah

Jakarta, Aktual.com – Saat ini beberapa perusahaan kelas kecil, menengah hingga besar sudah pulai menggunakan payroll software. Software apakah ini? Payroll merupakan aplikasi yang memudahkan perusahaan dalam memproses pembayaran gaji karyawan-karyawannya, dan sudah menjadi bagian dari sistem HRD yang terpadu dan multifungsi.

Sistem Payroll dapat menghitung gaji yang harus dibayar berdasarkan gaji pokok, uang makan, tunjangan transport, hingga uang lembur.

Dengan demikian pekerjaan rutin dari staff HRD setiap bulannya bisa lebih cepat terselesaikan, terutama dalam hal pembayaran gaji karyawan. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak penyedia payroll software terpercaya seperti Talenta by Mekari.

Apa Itu Payroll?

Kita mulai terlebih dahulu dengan pengertian Payroll. Payroll adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke gaji. Sedangkan gaji bisa diartikan sebagai kompensasi yang diberikan karyawan sebagai imbalan untuk pekerjaan yang telah dilakukan.

Gaji juga salah satu aspek mengapa karyawan ingin bekerja. Dan ini juga melatarbelakangi reputasi masing-masing perusahaan. Bila gaji yang didapat dirasa kurang dari apa yang seharusnya didapatkan, bisa jadi karyawan tersebut akan bekerja dengan kurang maksimal atau bahkan bisa berhenti dari pekerjaan.

Sedangkan menurut akuntansi, Payroll berarti metode penggajian yang dirancang khusus agar proses penggajian di suatu perusahaan bisa lebih efektif dan akurat. Payroll juga digunakan untuk mengacu pada sistem atau perangkat lunak yang digunakan untuk menghitung penggajian karyawan termasuk dalam perhitungan pajak dan BPJS.

Perhitungan dalam penggajian ini juga dihitung berdasarkan beberapa indikator yang digunakan untuk menghitung gaji seorang karyawan, seperti banyaknya hari bekerja, banyaknya lembur, dan lain sebagainya. Dan biasanya, penggajian ini dilakukan secara berkala seperti mingguan atau bulanan.

Dan dalam menghitung payroll ini, membutuhkan banyak pemahaman mengenai hukum, pengetahuan mengenai pajak secara mendetail dan juga pengarsipan dan juga metode yang baik, efektif, dan juga terorganisir guna penggajian yang tepat untuk karyawan perusahaan.

Sebenarnya dalam prakteknya, payroll ini bisa menggunakan google spreadsheet untuk membuat sistem payroll ini. Namun untuk skala yang besar, hal ini kurang efisien untuk digunakan. Maka dari itu, sekarang muncul sistem perangkat lunak yang bernama payroll software untuk memudahkan dalam hal penggajian karyawan.

Payroll Software adalah software yang digunakan perusahaan untuk memudahkan dalam hal menggaji karyawan dengan baik dan terorganisir. Payroll Software ini juga bisa digunakan oleh perusahaan baik secara mingguan maupun bulanan.

Unsur yang sering digunakan dalam Payroll Software ini adalah data kehadiran, lembur, uang makan, tunjangan, BPJS, dan lain sebagainya. Dan software ini termasuk dalam Human Resource Information System (HRIS).

Dengan software penggajian ini, perusahaan dengan mudah menghitung gaji setiap karyawan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan seperti data kehadiran yang sudah tersambung otomatis dalam sistem yang nantinya pada kurun waktu mingguan atau bulanan uang otomatis akan terpotong dari deposito perusahaan kepada rekening karyawan.

Alasan mengapa suatu perusahaan perlu menggunakan Payroll Software ini adalah penghematan waktu dikarenakan semua yang berkaitan dengan gaji sudah tidak lagi di update secara manual, akan tetapi gaji ini diupdate oleh sistem yang lebih efektif dan juga resiko kesalahan sangat kecil. Maka dari itu, menggunakan Payroll Software bisa dikatakan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan untuk memudahkan dalam penggajian karyawan.

Manfaat Software Payroll

Kehidupan para karyawan ini tergantung pada pemberian gaji secara rutin. Sehingga sangat penting bagi perusahaan memastikan setiap karyawannya telah menerima hak mereka secara akurat dan tepat waktu. Hanya saja seringkali terjadi adalah pembayaran gaji karyawan yang tertunda karena proses perhitungan memakan waktu cukup lama. Belum lagi jika salah hitung, bisa-bisa perusahan dikomplain oleh karyawan.

Menyadari hal tersebut, para pemilik usaha pun mulai beralih ke sistem payroll. Saat ini, di Indonesia ada payroll software gratis dan berbayar yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memanagement pembayaran gaji karyawan. Dalam sistem payroll sendiri sudah terdapat perhitungan gaji termasuk pajak dan BPJS.

Mengapa perusahaan membutuhkan payroll software? Tentu karena memudahkan perhitungan dan pengiriman gaji yang akan diselesaikan oleh sistem dalam waktu singkat. Jika tertarik Anda bisa berinvestasi pada payroll software berbasis web maupun mobile. Namun sebelum itu, ketahui dulu beberapa manfaat payroll software Indonesia berikut ini.

1. Menghemat Waktu dan Energi Divisi Finance dan HRD

Menghemat tenaga dan waktu karyawan adalah salah satu manfaat utama penggunaan payroll. Proses perhitungan dan pengiriman jadi lebih cepat selesainya, sehingga divisi finance dan HRD dapat lebih produktif menyelesaikan pekerjaan lainnya. Menghitung potongan dan jumlah gaji seperti pajak, asuransi, dan BPJS Ketenagakerjaan/Kesehatan akan dilakukan secara otomatis sehingga jadi lebih mudah.

2. Mengeliminasi Kesalahan

Perhitungan gaji karyawan sering kali terjadi kesalahan, terutama yang masih dikerjakan secara manual. Untuk mengeliminasi kesalahan tersebut, Anda dapat menggunakan sistem payroll yang akurat, minim eror, sehingga memudahkan pekerjaan. Dengan demikian karyawan akan menerima gaji sesuai haknya.

3. Mengontrol Biaya Gaji Karyawan

Payroll software membantu Anda mengontrol biaya gaji karyawan khusus untuk perhitungan gaji. Kepemilikan software ini juga bisa menghilangkan potensi miskomunikasi dan meminimalkan pihak yang berinteraksi.

4. Menjamin Keamanan Data

Menyimpan data secara manual memang makan waktu lebih banyak, memakan tempat penyimpanan, dan sangat sering terjadi kesalahan pencatatan. Berbeda jika Anda menggunakan payroll software yang sudah ada sistemnya, sehingga perusahaan tidak lagi membutuhkan hal tersebut. Sistem payroll juga menjamin keamanan data.

Pusing Hitung Payroll Karyawan Karena Tidak Punya HRD? Payroll software Solusinya

Dengan software dan jasa payroll dari Talenta by Mekari, Anda tidak akan lagi direpotkan dengan perhitungan dan pembayaran gaji karyawan setiap bulannya. Apalagi bagi pemilik usaha yang belum punya staf profesional, penting untuk menggunakan aplikasi ini supaya pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Anda yang tidak punya keahlian akuntansi juga disarankan untuk menggunakan aplikasi ini agar kesalahan dalam pembayaran gaji karyawan dapat diminimalisir.

Talenta by Mekari merupakan salah satu penyedia jasa payroll outsourcing terbaik dan profesional yang bisa dipercaya. Menggunakan Talenta by Mekari akan membantu Anda mengelola penggajian bahkan juga bisa memanagement karyawan bisnis Anda.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

● Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

● Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

● Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

● Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.com. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Yuk, hubungi kami sekarang juga dan dapatkan payroll software terbaik.

 

 

(Advertorial)