Jember, Aktual.com – Satu lagi layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember berbasis teknologi. Memanfaatkan layanan media sosial whatsapp, para pemohon bisa memanfaatkan pegurusan layanan kependudukan yang dibutuhkan. Bahkan layanan pesan whatsapp ini memudahkan warga dalam mengurus Adminduk tanpa harus meninggalkan pekerjaanya, karena program layanan whatsaap ini memiliki semboyan “Mengurus dari Jauh, Ambilnya Bisa Dekat”.

“Program layanan melalui pesan whatsaap, dimana warga tidak harus datang ke kantor Dispenduk ini sudah lama kami jalankan, layanan ini lebih memudahkan warga, karena memiliki semboyan mengurus dari jauh dan ambilnya bisa dekat dan tanpa meninggalkan pekerjaan,” ujar Isnaini Dwi Susanti kepala Dispendukcapil Pemkab Jember.

Untuk memanfaatkan layanan ini, warga bisa menghubungi nomor layanan whatsapp center dengan nomor 0811-3225-6839, dimana warga cukup menyapa petugas, kemudian akan ada balasan tentang layanan yang dibutuhkan warga.

“Dalam layanan nanti ada pilihan, dimana warga tinggal menekan angka sesuai yang dibutuhkan, misal perbaikan ktp nomor 2, ya tinggal tekan angka 2, dan nanti akan terus ada panduan, nah kalau sudah jadi nanti akan dihubungi oleh petugas untuk diambil di kantor desa atau kelurahan tempat warga berdomisili,” jelasnya.

Layanan ini mendapat respon bagus dari masyarakat, salah satunya yang disampaikan oleh Heru Satpam di SD Jember Lor 3, ia mengaku puas bisa mengurus adminduk tanpa harus meninggalkan pekerjaanya.

“Tidak sampai membuat kita meninggalkan aktivitas yang lain. Jadi, meskipun mengurusnya dari jauh tapi kita masih bisa dilayani,” ujar warga Kelurahan Tegal Besar, Kaliwates Jember.

Tidak hanya Heru, hal yang sama juga disampaikan oleh Hesti, pendistribusian KTP melalui kelurahan dan desa, sangat memudahkan warga, karena tanpa harus antri di kantor Dispendukcapil.

“Lebih enak buat saya. Kalau di kantor Disdukcapil kan harus antri. Di sini (kantor kelurahan, red), karena dekat dari rumah ya bisa langsung maju mengambil KTP El-nya,” pungkas Hesti.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)