Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat memerika salah satu drone buatan Turki (Turkish Presidency/ AA)

Ankara, aktual.com – Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengumumkan delegasi dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mendatangi Turki untuk melakukan pembicaraan bilateral pada Senin (7/11) kemarin. Menteri Akar menjelaskan Kelompok Pertahanan Tingkat Tinggi Turki-AS telah mengadakan pertemuan di kementerian.

Meskipun demikian, dirinya tidak membagikan rincian lebih lanjut tentang pertemuan yang diadakan antara pejabat pertahanan Turki dan AS.

Dilansir dari Anadolu Agency, Selama konferensi pers melalui video yang dibuat di markas Komando Angkatan Udara Turki, Akar juga membahas masalah pertahanan dan keamanan terbaru. Dia menekankan Turki telah menjadi aktor internasional di bawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan terus berusaha untuk meningkatkan kontribusi untuk perdamaian regional dan global.

Akar pun mengutip upaya diplomatik presiden Turki untuk pemulihan kesepakatan koridor biji-bijian di Laut Hitam. Menurutnya, sekitar 431 kapal telah meninggalkan pelabuhan Ukraina dan biji-bijian yang diekspor sekarang melebihi 10 juta ton.

“Sekarang, kami telah mengintensifkan upaya kami untuk perpanjangan kesepakatan gandum, yang akan berakhir pada 19 November, dalam kerangka yang ditentukan oleh presiden kami,” tuturnya.

(Megel Jekson)