Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri)

Jakarta, Aktual.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pengadaan bus listrik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada 2023 mendatang.

“Kita harapkan 2023 sudah ada bus listrik sehingga di sana tidak ada lagi bus macem-macem, ada Bis EV yang menghubungkan Balikpapan menuju IKN dan keliling IKN,” kata Menhub Budi dalam acara “Sustainable Smart Transportation” secara virtual, Kamis (27/10).

Budi mengatakan, pada prinsipnya, pemerintah akan memberikan subsidi kendaraan listrik sebagai upaya pengurangan emisi karbon.

Saat ini, kata Budi, produksi bus listrik tengah dilakukan oleh PT Industri Kereta Api (INKA) untuk keperluan KTT G20

“(PT) INKA sudah buat 30 (bus listrik), kita buat lagi 10 atau 20 bus khusus di IKN, jadi fokus dan quick wins,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub Budi mengatakan, pihaknya akan mempercepat pembangunan pelabuhan di IKN Nusantara yang berorientasi ramah lingkungan.

Kemudian, pelabuhan tersebut akan dilengkapi dengan kapal yang berbasis listrik.

“Jadi alangkah indahnya di sana itu smart city, kalau bisa sebelum Desember sudah selesai itu barang, pelabuhannya, busnya, kapalnya selesai dan insya Allah bisa dilakukan,” ucap dia.

(Arie Saputra)