Washington, Aktual.com – Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen mengatakan pada Kamis (20/1/2022) bahwa dia yakin Federal Reserve dan pemerintahan Biden akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menurunkan inflasi selama tahun ini, asalkan pandemi COVID-19 dikendalikan.

“Inflasi naik lebih besar dari yang diperkirakan sebagian besar ekonom, termasuk saya, dan tentu saja tanggung jawab kami dengan The Fed untuk mengatasi itu. Dan kami akan melakukannya,” kata Yellen kepada CNBC dalam wawancara langsung.

“Kami telah dilanda pandemi yang telah menciptakan tantangan ekonomi yang tidak diantisipasi oleh siapa pun, dan itu adalah harapan dan niat kami untuk menurunkan inflasi ke tingkat yang konsisten dengan interpretasi Fed tentang stabilitas harga,” kata Yellen.

Kepala Departemen Keuangan dan mantan ketua Fed mengatakan bahwa keuangan rumah tangga AS dalam kondisi yang baik, dengan beberapa keluarga lebih baik daripada sebelum pandemi, dan tabungan yang terkumpul akan membantu menopang ekonomi selama bertahun-tahun yang akan datang, bahkan dengan lebih sedikit dukungan fiskal ke depan.

Sementara itu, dia mengatakan sangat penting bagi lebih banyak orang untuk kembali ke angkatan kerja, yang akan membantu mengurangi tekanan pasokan. Ini akan membutuhkan pandemi untuk dikendalikan. Jika itu terjadi, dia memperkirakan tekanan inflasi akan mereda sepanjang 2022.

Yellen juga mengatakan kepada CNBC bahwa dia memandang usulan undang-undang sosial dan iklim Build Back Better yang digagas Biden sebagai mendorong lebih banyak partisipasi tenaga kerja melalui ketentuan penitipan anak dan pendidikan anak usia dini.

(Antara)

(A. Hilmi)