Jakarta, aktual.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, mengatakan bahwa keamanan data pribadi pengguna merupakan salah satu hal yang harus terus diberikan perhatian khusus di tengah era digital saat ini.

Johnny menilai UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) sangat diperlukan negara dan berperan menjaga kedaulatan negara.

“UU Perlindungan Data Pribadi dan data digunakan untuk kepentingan negara. Mari kita pastikan Indonesia memiliki data centre yang terintegrasi,” kata dia di Jakarta, Rabu (20/11).

Untuk mendukung rencana tersebut, ia menyebut bahwa pihaknya akan bicara dengan negara-negara sahabat termasuk ahli teknologi untuk memastikan kedaulatan data yang ada di Indonesia maupun secara global.

Selain menyoroti keamanan data pengguna, mantan Sekjen Partai NasDem itu juga mengungkapkan beberapa target yang ingin dicapai pemerintah untuk kemajuan ekosistem dan infrastruktur digital Indonesia di masa yang akan datang.

Mulai dari kecepatan internet, aksesbilitas internet, revolusi jaringan hingga 5G, hingga mempersiapkan talenta-talenta sumber daya manusia yang siap bersaing di era digital.

“(Upaya pemerintah) Mula Palapa ring, menambah fiber optik dan ribuan base station untuk mempersiapkan Indonesia sebagai negara digital. Dan satu lagi, digital talent,” kata Johnny.

“Keterserdiaan digital talent adalah keharusan. Di 2035, digital talent setidaknya 113 juta. Apabila Google mau (membantu) mengembangkan, kita pastikan digital talent terpenuhi,” lanjutnya.

Ia berharap dengan upaya-upaya yang telah ia sebutkan itu dapat meningkatkan jumlah talenta digital atau master teachers di Indonesia yang mampu bersaing secara global.

Ant.

(Zaenal Arifin)