Menkominfo Saat menyambangi produk pelaku UMKM Lokal di Bandar Udara Komodo.
Menkominfo Saat menyambangi produk pelaku UMKM Lokal di Bandar Udara Komodo.

 

Labuan Bajo, Aktual.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate menargetkan pada tahun 2024 produk UMKM lokal di Provinsi Nusa Tenggara Timur harus terdigitalisasi agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Hal ini disampaikan Menteri Johny saat mengunjungi stand-stand produk UMKM NTT di Bandar Udara Komodo, Kamis (17/6).

“Kita terus upayakan onboarding UMKM menuju digital. Targetnya tahun 2024, setengah atau 50 persen UMKM nasional termasuk NTT harus sudah onboarding digital. Secara khusus targetnya adalah hasil karya artisan dan produk kearifan lokal (local wisdom) harus bisa dipasarkan di ruang digital untuk mencapai pasar yang lebih luas,” imbuh Menkominfo yang berasal dari NTT tersebut.

Menkominfo datang di Kabupaten Manggarai Barat untuk menyukseskan puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di destinasi super prioritas Labuan Bajo yang akan dilaksanakan di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Jumat (18/6/2021)

Di Bandara Komodo, Menkominfo didampingi oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dan Direktur Utama Badan Otorita Pelaksana Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina.
Menteri Johny terlihat mencoba kopi lokal yang dijual oleh salah satu pelaku UMKM. Ia juga menyempatkan diri mencoba metode pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang digunakan untuk produk-produk tersebut, termasuk promo harga spesial hanya Rp.1806 untuk pembelian beberapa produk menggunakan QRIS.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM di Bandara Komodo, Marselina Walu mengatakan, Gerakan Bangga Buatan Indonesia ini sangat mendukung pengembangan produk-produk UMKM lokal termasuk dirinya. Dirinya mengakui, bahwa selama 2 hari produknya menghiasi Bandara Komodo, penjualannya meningkat.

“Rangkaian kegiatan ini sangat positif bagi kami! Kopi kami makin dapat dikenal, apalagi tadi dicicipi langsung oleh Menteri Kominfo, Gubernur NTT, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), beserta rombongan. Selama 2 hari ini saja sudah hampir 100 cup yang terjual, kemarin 40 cup, hari ini sudah 50an cup” ujar Marselina.

Gernas BBI sendiri adalah gerakan kampanye nasional untuk mendukung kemajuan produk lokal, dengan kampanya #BanggaBuatanIndonesia yang acara puncaknya akan dilaksanakan di Puncak Waringin, Labuan Bajo, 18 Juni 2021.

(Florianus Jefrinus Dain)

(Nusantara Network)