Yerusalem, Aktual.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan mengunjungi Israel pada Senin (24/8) dan melanjutkan perjalanan ke Uni Emirat Arab (UAE), Selasa (25/8) guna membahas perjanjian pemulihan hubungan Israel dan UAE, kata dua sumber terkait.

Di samping itu, Pompeo dan petinggi dari Israel dan UAE juga akan membahas masalah keamanan terkait China dan Iran di kawasan, tambah para narasumber yang menolak disebut nama dan kebangsaannya.

Israel dan UAE bulan ini mengumumkan mereka akan menormalisasi atau memulihkan kembali hubungan diplomatik dua negara serta membentuk ikatan baru yang lebih luas.

Di bawah perjanjian itu, yang diperantarai Presiden AS Donald Trump, Israel sepakat akan menunda rencana pencaplokan sebagian wilayah Tepi Barat yang lama telah diduduki paksa.

Perjanjian itu juga meneguhkan kembali posisi UAE, Israel, AS yang berseberangan dengan Iran. Tiga negara itu menganggap Iran sebagai salah satu ancaman keamanan di Timur Tengah.

Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner, yang merupakan menantu Trump, diperkirakan akan mengunjungi Israel dan UAE pada awal September. Kushner kemungkinan akan melawat ke beberapa negara, kata seorang pejabat pemerintah AS.

Selama berkunjung ke Israel dan UAE, Kushner akan didampingi oleh Avi Berkowitz, utusan khusus Presiden Trump untuk Timur Tengah, sebut narasumber itu.

Kushner dan Berkowitz akan menyampaikan terima kasih kepada Israel dan UAE karena keduanya berhasil mencapai mufakat atas pemulihan hubungan dua negara.

Sumber: Reuters(Antara)

(Warto'i)