Damaskus, aktual.com – Kelompok pelaku teror saat fajar Minggu (3/3) melancarkan serangan baru yang sudah direncanakan lebih dulu terhadap poros Al-Masasneh di pinggir utara Hama, kata satu sumber di Kementerian Urusan Luar Negeri dan Ekspatriat.

Kelompok pelaku teror melancarkan serangan mereka dari posisi mereka di daerah yang dicakup oleh kesepakatan zona penurunan ketegangan, dan menggunakan bermacam jenis senjata, dengan memanfaatkan cuaca buruk, kata sumber itu.

Kementerian Urusan Luar Negeri tersebut menyampaikan kutukan kuat Suriah mengenai serangan teror, demikian laporan Kantor Berita Suriah, SANA, Senin (4/3). Ditambahkannya, “Serangan tersebut dilancarkan sebagai babak baru dalam serangkaian pelanggaran oleh kelompok teror itu terhadap kesepakatan zona penurunan ketegangan.” Saat menyampaikan kutukan mengenai “aksi kejahatan yang berlangsung terus” oleh kelompok teror, sumber tersebut mengatakan Suriah menegaskan kesiapan tinggai dan lengkap Tentara Arab Suriah untuk menghadapi pelanggaran dan kejahatan semacam itu.

Suriah “takkan berdiam diri sementara kejahatan semacam itu berlangsung, sebab Suriah takkan membiarkan pelaku teror dan mereka yang berada di belakangnya untuk melanjutkan serangan mereka terhadap warga sipil yang tak berdosa dan personel Tentara Arab Saudi,” sumber tersebut menegaskan.

Suriah, tambah sumber itu, menekankan “haknya untuk mempertahankan kedaulatannya dan keutuhan wilayah Republik Arab Suriah dan keselamatan warganya di seluruh wilayah Suriah”.

Ant.

(Zaenal Arifin)