Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika menghadiri Silaturahmi dan Apresiasi Santri Digitalpreneur Indonesia di Darunnajah Islamic Bording School,

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membidik potensi Danau Toba, Sumatera Utara untuk menggelar event kelas dunia yang serupa dengan MotoGP, namun dilakukan di air, yakni F1 Boat Race atau F1 H20.

Dia mengatakan, event bertaraf international ini akan digelar pada tahun depan. Menurut dia, berkaca dengan kesuksesan event MotoGP, mengapa tidak untuk menerapkan hal yang sama pada destiansi wisata unggulan, seperti Danau Toba.

“Terpikir oleh Pak Presiden untuk menyelenggarakan event sekelas F1 atau MotoGp (di Danau Toba) tapi yang di atas air, dan ini event F1 Boat Race atau F1 H20, yang diharapkan perekonomian Danau Toba bisa mengikuti Lombok,” kata Sandiaga mengutip laman media sosialnya @Sandiuno, Rabu (23/3).

Oleh sebab itu, Sandiaga Uno meminta dukungan agar pihaknya bisa terus melakukan inovasi dalam menghadirkan event yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu dalam menyambut tatanan ekonomi baru pasca pandemi. Termasuk, salah satu yang ditargetkan, perlombaan F1 Boat Race tahun depan.

“Ini adalah event tahunan juga, dan ini akan mengangkat bukan hanya keindahan alam Danau Toba, dan kearifan lokal, tapi juga terbukanya exposure Danau Toba yang lebih luas lagi. Kita juga akan mengisi banyak event dan kegiatan di Danau Toba,” tegas dia.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, dari penyelenggaraan event MotoGP di Mandalika Lombok, dampak ekonomi yang tercipta luar biasa, mencapai Rp 500 miliar dan membuka 35.000 lebih lapangan pekerjaan. Selain itu home stay dan sarana pariwisata yang telah dibangun juga penuh terisi oleh wisatawan.

“Belajar dari penyelenggaraan MotoGP yang menghasilkan dampak ekonomi luar biasa, menciptakan begitu banyak peluang usaha dan lapangan kerja di Mandalika berkat MotoGP, berikutnya kita akan hadirkan event kelas dunia di destinasi wisata lainnya,” tambah Sandiaga Uno.

(Arie Saputra)