Jakarta, Aktual.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap sumber daya manusia bidang pariwisata bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tidak kalah bersaing dengan pekerja internasional.

“Jadilah tuan rumah di negeri sendiri,” kata Menteri usai meninjau Kampus Batam Tourism Polytechnic di Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (21/1).

Menurut dia, saat ini Indonesia menjadi pencetak SDM terbaik melalui sejumlah institusi pendidikan di Tanah Air di antaranya Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan BTP di Batam.

Ia berharap seluruh tenaga kerja yang dihasilkan institusi pendidikan Tanah Air mampu mengisi lowongan pekerjaan pariwisata di dalam negeri. Apalagi saat ini pembangunan bidang pariwisata sedang dilakukan di banyak daerah, termasuk Bintan, Batam, Kepulauan Anambas dan Batam di Provinsi Kepri.

Dalam kesempatan itu, Menteri menyatakan kebijakan gelembung perjalanan (travel bubble) antara Singapura dengan Nongsa di Batam dan Lagoi di Bintan juga membutuhkan dukungan SDM yang memiliki kemampuan dan kompetensi pariwisata agar tamu merasa nyaman saat menghabiskan waktunya.

Kebijakan gelembung perjalanan kini tengah dalam finalisasi regulasi. Rencananya pemerintah akan mengujicobakannya pada pekan depan, apabila tidak ada aral melintang.

“Maka kita perlu dukungan SDM yang kuat untuk lapangan kerja yang akan bawa pelayanan terbaik di Kepri,” kata dia.

Ia berharap kolaborasi antara Kemenparekraf dengan BTP menjadi sinyal kebangkitan ekonomi, sekaligus penciptaan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan.

(Arie Saputra)