Salah satu pelaku UMKM yang berada di gedung Sarinah

Jakarta, Aktual.comSeperti diketahui bersama, Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM Indonesia mampu menjadi lokomotif perekonomian bangsa. Hal tersebut sudah teruji saat krisis ekonomi yang melanda saat pandemi Covid-19.

Karena hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyakini jika UMKM Indonesia bakal dilirik konsumen luar negeri.

Menurut Sandiaga Uno, acara Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 yang berlokasi di AEON Mall, Kabupaten Tangerang, Banten, bakal menebus 50 persen dari target.

“Saya rasa bakal tembus 50 persen dari target, seperti tahun lalu itu Rp 16-32 miliar. Untuk tahun ini saya rasa lebih dari pada itu,” ujar Sandiaga Uno seperti yamg dikutip, Rabu (12/10).

Melalui event ini lah Sandiaga Uno memiliki keyakinan bahwa akan banyak UMKM lokal dilirik konsumen dalam negeri bahkan hingga konsumen luar negeri.

“Ada peserta yang cerita, keuntungan dia selama empat hari di sini melebihi keuntungan dia selama satu bulan. Ada juga yang didatangi oleh konsumen, pesan batik 400 buah dan minta warna khusus. Ternyata konsumennya itu dari Kedutaan Besar Inggris, ini luar biasa sekali,” ungkap Sandi.

Sandiaga pun berharap gelaran AKI kali ini menjadi harapan baru bagi pelaku usaha lokal bisa melebarkan bisnisnya dan mampu menyerap banyak tenaga kerja. “Saya yakin dan optimistis kita bisa melalui tantangan global berupa inflasi dan resesi, serta dapat mengawal kebangkitan Indonesia,” pungkas Sandi.

Diketahui, Pekan Puncak Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 digelar di AEON Mall Tangerang sejak empat hari lalu. Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan yang telah digelar di 16 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Ada 16 jenis UMKM dari 16 daerah yang telah disaring dan ditampilkan dalam pameran ini.

(Wisnu)