Menpora Zainudin Amali (kiri) dan Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan).

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyambut baik keinginan pesepakbola Indonesia yang saat ini sedang bermain di klub J-League 2, Tokyo Ferdy, Pratama Arhan untuk membela tim nasional Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

“Pada pertemuan di Jepang, Arhan menyampaikan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja,” kata Menpora Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Minggu (5/3).

Pertemuan Menpora Amali dengan Arhan terjadi ketika orang nomor satu di Kemenpora itu melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, pada 28 Februari hingga 2 Maret.

Menanggapi permintaan Arhan tersebut, Menpora Amali yang juga sebagai Wakil Ketua Umum PSSI langsung melakukan komunikasi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui video call.

“Mengenai keinginan Pratama Arhan bermain di SEA Games 2023 Kamboja saya menyambut baik. Dan saya sudah lakukan komunikasi dengan Ketum PSSI. Nanti Pak Erick akan melakukan komunikasi dengan pemilik Tokyo Ferdy,” kata Menpora Amali.

Arhan memang menjadi salah satu pemain yang bisa diharapkan membela timnas Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Pelatih timnas Indra Sjafri sudah mengetahui pertemuan Menpora Amali dengan Arhan.

“Arhan (soal peluang bela timnas U-22 Indonesia), kemarin kebetulan Pak Menteri (Zainudin Amali) lagi di Tokyo. Dan kemarin beliau makan siang bersama Arhan,” ujar Indra Sjafri.

Indra Sjafri mengatakan pemilik Tokyo Verdy memiliki hubungan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bukan tidak mungkin Arhan bisa dilepas untuk membela skuad Garuda Nusantara di SEA Games 2023 Kamboja.

“Dan kebetulan pemilik klub Arhan itu teman baik dari Ketua Umum kita, Pak Erick,” tutur Indra Sjafri.

Untuk pemusatan latihan (TC) tahap pertama timnas U-22 Indonesia memanggil 34 pemain. Saat ini, timnas U-22 Indonesia sudah mulai menggelar TC di Jakarta.

(Arie Saputra)