Jakarta, Aktual.co — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan bahwa dirinya telah mengajukan lima nama calon Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) kepada Komite Pengawas SKK Migas untuk segera diseleksi selama dua pekan ke depan.

“Tadi pagi saya menjadi ketua Komite Pengawas SKK Migas. Hadir ketua, wakil, dan tim ahli. Kami memutuskan akan memproses penetapan kepala SKK Migas,” ujar Sudirman Said di Direktorat Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/11).

Mantan Direktur Utama Pindad itu mengaku bahwa dirinya telah mengirimkan lima nama calon kepala SKK Migas dan saat ini Komite Pengawas SKK Migas tengah mendalaminya. Akan tetapi, Sudirman enggan membeberkan kelima nama tersebut.

“Calon-calon tersebut berasal dari internal dan eksternal perusahaan. Mudah-mudahan selesai dalam waktu dekat. Saya belum bisa menyebut nama, nanti pada waktunya pasti saya beri tahu,” ungkapnya.

Sudirman melanjutkan, hasil pendalaman itu nantinya akan diserahkan kembali kepada kementerian dan kementerian akan menyerahkan hasilnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menetapkan kepala SKK Migas.

“Mudah-mudahan dalam 1-2 minggu ini sudah ada,” sebutnya.

Seperti diketahui, saat ini jabatan kepala SKK Migas diisi oleh Plt. Kepala SKK Migas, Johanes Widjonarko yang sebelumnya merupakan wakil kepala SKK Migas. Ia ditunjuk untuk menggantikan posisi Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini, yang terjerat kasus korupsi.

()

(Eka)