Jakarta, aktual.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan akan melanjutkan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sampai dengan Pangkalan sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

“Pada ruas tol Pekanbaru-Padang, sekarang sudah bisa selesai Pekanbaru-Bangkinang, dan akan dilanjutkan sampai Pangkalan yang akan selesai pada 2024. Dari arah Padang, sedang dikerjakan Tol Padang-Sicincin, Insya Allah juga selesai 2024,” kata Basuki dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (4/1).

Saat ini tengah dikerjakan ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I dari Simpang Susun (SS) Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 km untuk melanjutkan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang. Progres konstruksinya sudah 73,1 persen dengan lahan bebas 59,7 persen dan ditargetkan selesai Desember 2023.

Pembangunan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km merupakan penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya sebagai Badan Usaha Jalan Tol dan PT Wijaya Karya dan PT Hutama Karya Infrastruktur sebagai kontraktor pelaksana sejak 2021 dengan nilai investasi Rp4,8 triliun.

Dari total panjang jalan utama 40 km, sepanjang 30,9 km (On/Off Sungai Pinang-SS Bangkinang) diresmikan Presiden Jokowi, sisanya sepanjang 9,1 km (JC Pekanbaru-On/Off Sungai Pinang) telah terbangun 1,5 km dengan target penyelesaian konstruksi 2023.

Ruas tol ini sudah dibuka bertarif pada 25 Desember 2022 untuk mendukung lalu lintas libur mudik Natal dan Tahun Baru 2023. Tercatat rata-rata harian lalu lintas kendaraan yang lewat mencapai 7.507 kendaraan per hari.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pekanbaru – Padang Seksi Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 30,9 km. Ruas tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan daerah yang berada di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Presiden Jokowi mengatakan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang akan tersambung dengan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang sudah beroperasi.

Dengan demikian, ruas Tol Pekanbaru-Dumai yang merupakan koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera akan tersambung dengan koridor pendukungnya, yakni ruas Tol Pekanbaru-Padang.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)