Jakarta, Aktual.co —  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan telah resmi mengakhiri masa jabatannya mulai hari ini, Senin (20/10). Ia mengakhiri jabatannya dengan menggelar acara perpisahan dengan direksi dan komisaris di Kementerian. Dalam acara tersebut, ia berharap menteri baru nanti bisa menempatkan jabatan yang baik bagi direktur BUMN yang berprestasi.

“Harapan saya kepada Menteri baru nanti, kalau ada direktur yang berkinerja baik, harus diberikan kesempatan untuk menjabat,” kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (20/10).

Menurut Dahlan, langkah tersebut bisa membuat budaya perusahaan menjadi baik. Pasalnya, kepemimpinan direksi yang baik, tentu akan berdampak baik pula kepada perkembangan perusahaan. Apalagi jika pemimpin itu sudah bisa menerapkan corporate culture.

“Direktur utama yang berprestasi yang telah ditempatkan di suatu perusahaan pelat merah sebaiknya dipertahankan. Kecuali, kalau tidak berprestasi, itu harus cepat-cepat diganti agar ketidakprestasinya tidak menular,” tegasnya.

Selain itu, dalam kesempatan perpisahannya itu, Dahlan mengakui bahwa dirinya sangat menikmati posisinya sebagai menteri BUMN.

“Selama jadi menteri, jabatan ini cukup asyik. Sejak awal dilantik menjadi menteri, saya sepakat dengan Wakil Menteri Mahmudin Yasin bahwa saya tidak akan menempatkan diri sebagai seorang menteri. Menterinya Pak Wamen dan saya sebagai non-executive chairman,” tutupnya.

()

(Eka)