Kuningan, Aktual.com – Terlihat raut wajah Yuli, warga Desa Jemberama, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat begitu bahagia. Ya, kini desanya menjadi desa yang mandiri berkat TNI Manunggal Membangun Desa ke-111.

Desa yang ditempati Yuli sejak kecil itu, kini menjadi desa mandiri bersama 31 desa lainnya di Kabupaten Kuningan. Berkat TMMD ke 111, yang mengusung tema wujud energi membangun negeri itu, desa yang ditinggali Yuli itu semakin mandiri.

“Alhamdulillah sekarang Jamberama punya jalan bagus, ada Pamsimas, ada internet juga. Jadi anak-anak bisa belajar di balai desa kalau belajar online, terutama jembatan juga, jadi tidak harus muter kalau mau ke kota,” kata Yuli yang ditemui wartawan di lokasi, Rabu (14/7).

Sementara, Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, pembangunan Desa Jemberama sejalan dengan perkembangan zaman. Untuk itu, Bupati Acep menyambut baik TMMD ke 111 yang digelar di Desa Jamberama.

“Saya menyambut baik kegiatan TMMD ke 111 di Desa Jamberama, (ini) sejalan dengan perkembangan globalisasi, terkadang mengurangi kepekaan dan degradasi kepedulian terhadap sesama,” kata Bupati Acep di lokasi yang sama.

Dengan adanya pembangunan tersebut, lanjut Bupati Acep, Desa Jamberama masuk dalam kategori desa mandiri. “Dengan giat dan semangat membangun, sehingga desa ini, perhari ini termasuk ke dalam desa mandiri,” kata Bupati.

Pihaknya mewakili Pemerintah Kabupaten Kuningan dan TNI, tidak menyerah untuk kembali meluluhkembangkan rasa gotong royong tersebut.

“Saya berterimakasih kepada masyarakat yang juga membantu bekerja. Bahkan mereka menyediakan makanan tanpa dibayar. Dari 361, ada 160 berkembang, 164, maju dan 32 mandiri. Alhamdulillah ada peningkatan termasuk di Desa Jemberama,” kata Bupati.

Sedangkan, Pangdam III/Siliwangi melalui Kasrem 063/Sunan Gunung Jati, Letkol Inf Heri Rustanto mengaku bersyukur dengan kegiatan TMMD yang digelar secara serentak yakni, Rabu (14/7) di Jabar dan Banten.

“Semoga tekad dan itikad yang dilandasi
semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan TMMD ini dapat terganjar dengan kebahagiaan masyarakat yang menjadi sasaran TMMD ke-111 tahun 2021 ini, ” ujar Letkol Heri.

Heri mengatakan, makna yang terkandung dari tema TMMD tahun ini, yaitu TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri merupakan wujud kebersamaan antara TNI dengan Pemerintah Daerah, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dalam mensinergikan program dari masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan.

“Oleh karena itu, TNI akan senantiasa
bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya dalam upaya
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
melalui pembangunan di wilayah, salah
satunya melalui program TMMD yang pada
tahun 2021 ini telah menginjak pelaksanaan yang ke-111 kalinya,” katanya.

Sementara, Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan memaparkan hasil akhir dari TMMD. Dia pun memberikan gambaran bagaimana proses awal pengerjaan hingga hasil akhir dari sasaran fisik.

(Wisnu)