Muara Enim, Aktual.Com – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan Peringatan Hari Pramuka ke-61 Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Muara Enim. Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengadakan Lomba Gerak Jalan Pramuka tingkat SD, SMP dan SMA.

Lomba Gerak Jalan Pramuka yang di ikuti pelajar tingkat SD, SMP hingga SMA dalam Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim, Ujanmas dan Gunung Megang, berjumlah 79 regu ini, dibuka langsung Penjabat Bupati Muara Enim Kurniawan pada Rabu (10/08) di Halaman Kantor Bupati Muara Enim.

Adapun Tema HUT RI Ke-77 Tahun 2022 ini ” Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.
dan Tema Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 ” Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Salah satu penilaian dewan juri lomba gerak jalan Peringatan HUT RI Ke- 77 Tahun 2022 diantaranya adalah kreatifitas dalam pembuatan yel yel serta Kerapian dan kekompakan disetiap kelompok, Setiap kontestan yang mampu menampilkan koreografi dan yel-yel yang menarik, disambut tepukan meriah oleh penonton serta tepukan dan teriakan penonton semakin menambah kemeriahan lomba gerak jalan pada Tahun 2022 ini.

Lomba gerak jalan pramuka ini diadakan dengan tujuan meningkatkan disiplin, semangat dan patriotisme dan ini juga bisa melatih mental mereka tampil di depan umum, terutama peserta dari sekolah dasar.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati yang hadir bersama unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Muara Enim mengucapkan selamat memperingati hari gerakan Pramuka ke-61 pada 14 Agustus mendatang dan juga peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022.

Pj. Bupati yang didampingi Asisten Administrasi Umum, Ir. Maryana berharap semoga gerakan Pramuka di Bumi Serasan Sekundang dapat semakin tumbuh dan solid dengan mengedepankan nilai-nilai kesetiakawanan dan dasa darma Pramuka.

Selain lomba gerak jalan Pramuka, kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 tersebut, dimeriahkan juga dengan perlombaan tradisional, seperti bakiak, engrang dan lari balok bertempat di Lapangan Merdeka Muara Enim yang diikuti oleh para pelajar.

Selain dimanfaatkan untuk mengenalkan kearifan lokal dan budaya dari permainan tradisional, kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Muara Enim tersebut ditujukan untuk membangun kekompakan dan kebersamaan bagi peserta didik sekolah.

(Apriansyah)