Jakarta, Aktual.co —Untuk urusan memilih wakil yang ideal, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja ternyata juga meminta nasehat dari mantan Gubernur DKI Joko Widodo.
Diskusi dengan Jokowi, ujarnya, dilakukan untuk mendapat masukkan soal sosok yang dianggap ideal untuk mendampinginya sebagai wagub setelah dilantik sebagai Gubernur DKI.
“Iya dong kami pasti tanya sama beliau (Jokowi). Kami diskusi siapa yang lebih cocok bekerja dengan saya,” ujar Ahok di Balaikota, Kamis (16/10).
Namun saat ditanya siapa saja nama kandidat Wagub DKI yang dibahasnya dengan Jokowi, Ahok memilih bungkam. “Masih dirahasiakan.”
Meskipun mantan atasannya di Pemprov DKI itu, diakuinya, sudah memberi saran sosok cawagub yang dinilai cocok  mendampinginya.
Kendati demikian Ahok mengaku kalau saran Jokowi masih perlu dipikirkan lebih lanjut. 
“Pak Jokowi sudah ngomong siapa yang lebih cocok. Nanti kami pikirin deh,” tambahnya.
Sejauh ini, berbagai nama bermunculan dari partai pengusung sebagai kandidat cawagub untuk mendampingi Ahok yang tak lama lagi akan naik jadi Gubernur DKI.
Antara lain nama Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta, Boy Sadikin. Lalu dari Gerindra juga memunculkan nama Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. 
Sedangkan Ahok sendiri sebelumnya juga sudah menyebut-nyebut nama mantan Ketua Bamus Betawi Nachrowi Ramli, mantan Walikota Blitar Djarot Saiful Hidayat, mantan Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, serta Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Sarwo Handayani.

()