Beranda Internasional Misi Kemanusiaan di Turki Selesai, Tim INASAR Tiba di Tanah Air

Misi Kemanusiaan di Turki Selesai, Tim INASAR Tiba di Tanah Air

Tim INASAR di Turki (Basarnas/ Anadolu Agency)

Jakarta, aktual.com – Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) akhirnya menyelesaikan misi kemanusiaan selama delapan hari di Turkiye, Kamis (23/2). Kembalinya tim INASAR ke Tanah Air ini juga bersamaan dengan kepulangan Mentri PMK Muhadjir Effendy pada Kamis tengah malam.

Rombongan tersebut tiba di Tanah Air pada Jumat (24/2) siang, sekitar pukul 14.40 WIB di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. Menurut keterangan humas Basarnas, keberadaan tim INASAR saat membantu proses pencarian dan evakuasi korban di Turki mendapatkan apresiasi baik dari pemerintah Indonesia maupun pemerintah Turki.

Di setiap penugasan tim Alfa, Bravo maupun Charlie selalu disambut hangat oleh warga Turki, petugas kesehatan, tim rescue bahkan polisi dan tentara. Mereka merasa ada kedekatan antara Indonesia dan Turki, bahkan di bandara saat akan kepulangan ke Tanah Air banyak warga Turki yang mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan berbagai cara. Ada yang memberikan minuman hangat, makanan ringan dan meminta foto bahkan memeluk erat dan mengucapkan terima kasih kepada kami.

“Keberadaan kami di pintu keberangkatan bandara Adana pun dilepas dengan suasana hangat, dan ucapan teşekkür ederim Endoneze yang artinya terima kasih Indoneaia. Kami tim INASAR sangat bangga bisa terlibat dan membantu pemerintah dan masyarakat Turki dalam misi kemanusia ini. Kami juga berharap Turki akan segera bangkit kembali,” kata Basarnas seperti dikutip dari Anadolu Agency.

(Megel Jekson)