Amerika Serikat, Aktual.com – Sebuah mobil Fiat hitam kecil 500L yang dipakai membawa Paus Francis melalui Philadelphia selama kunjungan bersejarah pertamanya ke Amerika Serikat, dijual seharga 82.000 dolar AS dalam lelang pada Sabtu (30/1) WIB.

“Lelang mobil itu menarik lebih dari 19 penawar dan berlangsung hanya 11 menit,” kata penyelenggara, dikutip dari Reuters.

Para peserta lelang berkompetisi untuk membawa pulang mobil yang disebut sebagai “Fiat Philly Paus Francis” itu, baik dari jarak jauh maupun secara langsung di Philadelphia Auto Show, kata para petugas gereja dan lelang.

Tawaran yang menang sebesar 82.000 dolar AS diajukan oleh Michael dan Kate Chapman dari Chapman Auto Stores dan uang hasil penjualan akan ditujukan bagi Keuskupan Agung Katolik Roma di Philadelphia, kata para pejabat gereja.

Paus berusia 79 tahun itu memilih mobil Fiat sebagai simbol perhatiannya terhadap lingkungan dan keinginan untuk menyisihkan beberapa ornamen mewah yang selama ini dikaitkan dengan kantornya.

Sebuah mobil Fiat 500L baru umumnya dijual dengan harga sekitar 19.000 dolar AS, menurut website Fiat.

Fiat itu adalah salah satu dari enam mobil yang digunakan selama kunjungan Paus kelahiran Argentina ke Washington, New York dan Philadelphia.

Paus Francis juga menggunakan Jeep putih dengan sisi terbuka yang dikenal sebagai “Mobil Paus” yang memungkinkan Francis untuk mencium bayi-bayi saat ia sedang lewat.

Ribuan orang Amerika, baik pengikut agama Katolik dan orang-orang yang penasaran, memadati jalan-jalan di tiga kota AS selama kunjungan Francis pada September lalu.

Selama kunjungan tersebut, Paus Francis juga bertandang ke PBB dan bertemu dengan para tahanan dan tunawisma.

()