Semarang, Aktual.com – Kecelakaan nahas dialami mobil pickup sarat penumpang di Jalan Raya Bawang-Tersono, Desa Purbo, Batang, Jawa Tengah, Senin (6/9) petang sekitar pukul 17.45 WIB.

Dalam kecelakaan tunggal akibat rem blong itu, mobil L-300 bernopol G 1987 FC berisi 16 penumpang yang dikemudikan Sama’an (53) masuk jurang sedalam 40 meter lebih.

Dalam keterangannya, Selasa (6/9), Kapolres Batang AKBP Joko Setyono menuturkan, dari keterangan saksi mata, kecelakaan berawal saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi pada posisi masuk gigi 4 di turunan Kebaron.

Tiba-tiba rem bermasalah. Panik, sopir yang tak dapat mengendalikan mobil lalu banting stir ke kiri. Akibatnya, mobil terbalik ke kanan masuk ke sebuah kebun sengon dan menabrak tanggul. “Akibatnya masuk ke jurang sedalam 40 meter,” ujar dia, Selasa (6/9).

Subur (45), salah satu saksi mata yang merupakan pegawai Perhutani, secara kebetulan berada di belakang mobil dan melihat kejadian tersebut langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Bawang dan Koramil Bawang.

Tak selang lama, petugas dari Polsek Bawang dan Koramil Bawang berjibaku mengevakuasi korban dari pukul 17.55 WIB hingga 19.10 WIB. Korban selanjutnya di bawa ke Puskesmas Bawang menggunakan mobil ambulance dan dibantu mobil milik warga. “Korban sebagian dilarikan ke RS QIM, Puskesmas Limpung dan RSUD Batang,” ujar dia.

Rombongan nahas itu ternyata merupakan warga Desa Sibebek, Kecamatan Bawang yang berniat takziyah menuju Dukuh Sawit Desa Amongrogo Kecamatan Limpung dengan membawa 30 penumpang.

Sebanyak 12 korban dilaporkan tewas, tiga di antaranya masih anak-anak. Nama-nama korban yakni: Hasan Saleh (7), Vika (9), Rena (3), Bima (11) dan Megi (7). Sedangkan, kesembilan korban lainnya antara lain Nariyah (36), Manisih (40), Suriah (35), Ginah (55), Wala (45), Alfiah (26), dan Romyati (45).

Dari informasi yang dihimpun, delapan korban meninggal dunia di lokasi kejadian. Satu korban meninggal di Puskesmas Bawang dan tiga korban meninggal di Puskesmas Limpung.

Sementara, dua korban yang mengalami patah tulang dirujuk ke RSUD Batang dan satu orang luka ringan dirawat di Puskesmas Bawang. Hingga kini, korban meninggal dunia telah dipulangkan ke rumah duka dengan menggunakan mobil ambulance milik Puskesmas Bawang dan Limpung.

Sama’an (53), sang sopir sekaligus pemilik mobil asal warga dukuh Bentul RT 04/01 Desa Sibebek Kecamatan Bawang masih menjalani pemeriksaan petugas setempat. (Dasuki)

()