Jember, Aktual.com – Ribuan guru, Jumat (25/11) mengikuti upacara bersama di Stadion Notohadinegoro bersama jajaran Forkopimda, memperingati Hari Guru dan PGRI.
Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati KH. Firjaun Barlaman, Ketua TP PKK Hj. Kasih Fajarini, Dandim 0824/Jember Letkol. Inf. Batara C. Pangaribuan, Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Hadi Mulyono, serta jajaran pimpinan OPD lain.
Bupati Jember yang memimpin upacara tersebut, dalam membacakan sambutan Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Anwar Makarim, mengajak jajaran guru untuk menciptakan perubahan.
“Mungkin dari kita ada yang masih ragu untuk membuat perubahan di kelas saat menjalankan tugas menjadi satuan pendidikan. Tapi ingatlah, perubahan selalu tidak nyaman tapi harus dilakukan untuk kemajuan,” ujar Bupati Jember.
Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyatakan, bahwa perubahan yang harus dilakukan di dunia pendidikan adalah perubahan yang berkutat pada program Merdeka Belajar. “Bagaimana kita wajib untuk berinovasi,” lanjutnya.
Dengan merdeka mengajar, anak-anak dapat terdidik dengan memunculkan kreativitas. Untuk itu, pihaknya juga bakal terus berkolaborasi bersama dengan seluruh kepala sekolah yang ada di Jember untuk memberikan dukungan.
“Kami akan ajak kepala sekolah untuk berkolaborasi, dalam menerapkan perubahan Merdeka Belajar, termasuk mengimplementasikan setiap pelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas, dan setiap guru wajib yakin bahwa inovasi yang mereka lakukan dapat membuat setiap peserta didik berkembang,” pungkasnya.
Para peringatan HGN dan HUT PGRI kali ini, setelah menggelar upacara, juga menampilkan tarian ribuan guru dari PGRI dan Guru TK se Jember, serta tampilan marching band yang dibawakan oleh para siswa di Jember.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)